173 UMKM Pamer Produk di 14 Stasiun KA

173 UMKM Pamer Produk di 14 Stasiun KA

CIREBON - Untuk menyemarakkan liburan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, PT KAI menggelar pameran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di stasiun-stasiun besar di Jawa dan Sumatera, tidak terkecuali Stasiun Daop III Cirebon.
Vice President KAI Daop III Cirebon Mohammad Elly, di Cirebon menjelaskan, sebanyak 173 UMKM mitra binaan PT KAI dan Kementerian BUMN akan memamerkan dan menjual produknya di 14 stasiun.
Untuk Daop III Cirebon ada 8 UMKM. Di mana, produk yang dipamerkan oleh para mitra binaan PT KAI ini adalah produk-produk dari sektor usaha industri, perdagangan dan pertanian.
\"Pameran ini selain untuk menyemarakkan masa liburan akhir tahun, juga untuk memperkenalkan produk-produk UMKM binaan PT KAI dan BUMN kepada masyarakat khususnya pengunjung stasiun yang berada pada lokasi acara,\" jelas Elly kepada radarcirebon.com, Rabu (28/12).
Selain itu, kata Elly, tujuan bazar itu dilaksanakan adalah bentuk kepedulian PT KAI (Persero) sebagai BUMN Peduli untuk membantu para pelaku Usaha Mikro, Kecil  dan Menengah (UMKM) dalam memasarkan produk – produk UMKM, sehingga diharapkan dapat bersaing dalam skala bisnis secara luas.
Kemudian, pihaknya juga telah melakukan program PKBL untuk mendukung pertumbuhan UMKM di wilayah Kota dan Kabupaten Cirebon. Ada pun program Program Kemitraan yang sudah disalurkan di 2016 adalah sebesar Rp1.150.000.000 dari 25 Mitra Binaan, dan  Program Bina Lingkungan sebesar Rp213.950.000.
\"Kami berharap produk – produk andalan atau baru UMKM perlu dipatenkan, jangan sampai kalau dijual ke luar diambil orang lain,\" kata Elly.
\"Semoga UMKM dapat naik kelas karena pada dasarnya kekuatan ekonomi Indonesia ditopang UMKM. Yang mikro jadi kecil, yang kecil jadi menengah, yang  menengah menjadi besar,\" tambah Elly. (fazri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: