Shakhtar Donetskt Berhasil Tumbangkan AS Roma 2-1

Shakhtar Donetskt Berhasil Tumbangkan AS Roma 2-1

DONETSK–Shakhtar Donetsk meraih kemenangan 2-1 atas AS Roma pada leg pertama babak 16 besar Liga Champions. Pada laga di Donbass Arena, Kamis (22/2) dini hari WIB, gelandang incaran duo Manchester, Fred mencetak gol kemenangan tuan rumah.

Pertandingan dua tim berlabel kuda hitam di Liga Champions musim 2017/2018 ini berlangsung seru. Baik Shakhtar maupun Roma sama-sama memamerkan permainan menyerang dan menciptakan sejumlah peluang. Statistik kedua tim pun hampir berimbang. Shakhtar melakukan 52 persen penguasaan bola dengan menciptakan 14 peluang 7 di antaranya mengarah ke gawang.

Sementara Roma dengan 48 persen penguasaan bola juga punya 14 peluang dan 8 shot on goal. Giallorossi unggul lebih dulu lewat gol bintang muda mereka, Cengiz Under pada menit 41 usai memanfaatkan umpan terobosan Edin Dzeko.

Gol tersebut menjadikan Cengiz sebagai pemain Turki termuda yang mencetak gol di UCL. Pemain yang beroperasi di pos sayap kanan itu baru berusia 20 tahun 222 hari. Keunggulan 1-0 AS Roma ini bertahan hingga babak pertama usai. Selepas jeda, Shakhtar Donetsk bangkit. Berawal dari umpan jauh bek Shakhtar, Rakitsky ke depan yang mampu dikuasai Facundo Ferreyra. Lewat sepakan terukur, penyerang asal Argentina itu menaklukkan Alisson Becker. 1-1 skor sementara.

Dalam kedudukan imbang, kedua tim terus berupaya mencetak gol kemenangan. Di sinilah Fred muncul sebagai pembeda. Tepatnya pada menit 71, gelandang bertahan yang diincar Man United dan Man City itu melepaskan tendangan bebas cantik. Kiper Roma, Alisson yang juga kompatriotnya gagal menjangkau bola yang bersarang ke pojok gawang. 2-1 Shakhtar berbalik unggul.

Gol Fred ini merupakan yang pertama baginya di Liga Champions. Pemain 24 tahun ini juga tercatat sebagai pemain ke-195 asal Brasil yang mencetak gol di UCL. Hingga pertandingan usai, skor 2-1 untuk Shakhtar tidak berubah. Kemenangan ini akan jadi modal Shakhtar saat melawat ke Olimpico pada 14 Maret mendatang. (uefa/fat/pojoksatu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: