Geliat Bisnis Mahar dan Seserahan Pernikahan Jelang dan Setelah Lebaran, Naik Dua Kali Lipat

Geliat Bisnis Mahar dan Seserahan Pernikahan Jelang dan Setelah Lebaran, Naik Dua Kali Lipat

CIREBON-Dalam beberapa tahun ke belakang, mahar dan seserahan pernikahan memiliki desain unik. Biasanya, disesuaikan dengan karakter atau kesukaan calon pengantin. Seiring dengan \'musim nikah\', bisnis tersebut pun turut mengalami peningkatan. Pada bisnis mahar dan seserahan pernikahan, umumnya tidak dapat dipesan secara mendadak. Rata-rata dua sampai tiga bulan sebelum tanggal pernikahan sudah melakukan pemesanan. Memilih hingga menentukan desain yang diinginkan. Pemilik Kotakayu Official, Eni Kaeni menjelaskan, di awal tahun 2019 ini, kecenderungannya terjadi peningkatan pemesanan. Baik itu untuk pesanan mahar, seserahan, souvenir dan undangan. Peningkatan pesanan tersebut akan terus berlanjut sampai selepas Lebaran. \"Bulan sebelum Ramadan, setelah Idul Fitri dan Idul Adha terjadi peningkatan, bahkan bisa sampai dua kali lipat. Kalau orderan ramai dari Desember, mulai banyak buat Januari sampai Maret. Nah, klo orderan bulan ini banyak yang bulan Juni dan setelahnya,\" papar Eni. Menurut Eni, tren saat ini banyak permintaan konsumen yang menginginkan desain rustic. Selain itu, desain dengan unsur kayu juga banyak diminati. \"Pada dasarnya tergantung selera masing-masing calon pengantin. Mau desain seperti apa bisa disesuaikan,\" jelasnya. Kotakayu official sendiri tidak hanya menyediakan mahar dan seserahan. Produk lainnya seperti undangan dan souvenir khususnya gelas sablon juga tersedia. Konsumen masih di dominasi dari wilayah III Cirebon. Namun, pemasaran yang juga didukung melalui market place, ada pula konsumen dari luar Pulau Jawa, seperti Papua. \"Ini usaha aku sama suami, Uus Rusnandar. Jadi, usaha dirintis sejak aku dan suami waktu itu masih deket,\" ungkapnya. (swn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: