Dua SK untuk Branding yang Sama, Tujuh Tahun Pergi untuk Kembali

Dua SK untuk Branding yang Sama, Tujuh Tahun Pergi untuk Kembali

CIREBONCity branding The Gate of Secret  dikukuhkan lewat Surat Keputusan Walikota Cirebon, nomor 556.4 /Kep.98–Adm.Perek/2019. Ini adalah surat keputusan yang kedua, dari walikota berbeda. Untuk satu branding dan logo yang sama. Dalam salinan SK Walikota yang diterima koran ini, sama sekali tidak ada perubahan dari logo The Gate of Secret. Juga landasan filosofisnya. Branding sebagaimana dimaksud dalam dictum Kesatu Keputusan Walikota ini meliputi, pemaknaan fisik branding dan matrix atau pusat makna teks. Warna hijau yang dominan pada tulisan diartikan identik islami. Visualisasi dua buah Candi Bentar yang terasa aura Jawa Majapahit, menjadi semacam pemaknaan bahwa Cirebon sebagai sebuah kerajaan Islam yang lahir dari ayah biologis Galuh Pakuan yang Sunda, juga adalah sebuah anak budaya dari ayah ideologis Jawa. Logo garis-garis gunung di guratan motif Mega Mendung juga memberitahukan bahwa Cirebon berhubungan dekat dengan kebudayaan Tiongkok.  Sedangkan pemaknaan taglineThe Gate of Secret” teks itu dapat diterjemahkan sebagai “Gerbang Rahasia” dan matrix (pusat makna). Mengapa rahasia? Karena kebudayaan Cirebon memiliki hamparan Semiotika (tanda-tanda bermakna) yang tak terhingga jumlahnya. Itu terdapat pada hamparan kesenian yang berjumlah ribuan jenisnya, tradisi, bangunan arsitektur, teks-teks klasik tulis dan lisanyang bertebaran di tiga keraton dan peguron-peguron yang banyak jumlahnya. Selain lewat SK, The Gate of Secret kembali dari kevakuman selama tujuh tahun terakhir setelah diluncurkan dalam helatan Cirebon X-Pose dan Cirebon Creative Fashion Carnival.  Sekretaris Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (DKOKP) Edi Bagja mengatakan, tagline ini tidak sekedar kata-kata, namun mempunyai arti dan makna yang mendalam. Sesuai dengan Kota Cirebon yang mempunyai sejarah religi, seni dan budaya yang panjang pada masa lalu. Diakuinya, tagline ini sebenarnya telah ada sejak beberapa tahun lalu. Seiring perjalanan waktu, Kota Cirebon harus mempunyai tagline pariwisata yang cocok, mengena dan bermakna filosofis. Maka dipakailah tagline. \"Secara harfiah, arti The Gate of Secret ini berarti pintu gerbang rahasia. Bila dijabarkan secara luas sesuai filosofis, Kota Cirebon memiliki beragam seni dan budaya yang belum banyak orang Yahudi dan kenal,\" ujarnya kepada Radar Cirebon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: