16.259 KPM Terima PBSP

16.259 KPM Terima PBSP

CIREBON- Program Bantuan Sosial Pangan (PBSP) untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari Kementerian Sosial tahun 2020 sudah bisa dicairkan. Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DSPPPA) Kota Cirebon pun mengadakan menggelar pendistribusian PBSP secara serentak, Jumat (14/2). Kegiatan pembagian dilakukan di Kecamatan Harjamukti di salah satu e-warung terbaik di Jawa Barat tepatnya di samping lapangan udara penggung.

Pantauan Radar, sejak pagi sekitar jam 07.00 WIB,  warga penerima PBSP di Kecamatan Harjamukti sudah mendatangi e-warung yang memang ditunjuk untuk penyaluran PBSP. Mulai dari beras, telur, tempe, jeruk hingga daging ayam tersedia. Warga cukup membawa kupon dan kartu PBSP untuk digesekkan ke alat khusus yang berlabel salah satu Bank BUMN.

Kepala DSPPPA Kota Cirebon, Iing Daiman didampingi Kabid Sosial Aria Dipahandi SH MKn menjelaskan bantuan non tunai berupa program bantuaan sosial pangan dari pemerintah pusat ini sudah bisa didistribusikan. Diakuinya untuk Januari 2020 ada sedikit keterlambatan penyaluran dari pusat. Sehingga bantuan Januari dilaksanakan pertengahan Februari. Untuk bantuan Februari, kata dia, akan disalurkan akhir bulan ini.

Besaran PBSP selama ini, kata Iing, terhitung sejak tahun 2017-2019 senilai Rp110 ribu. Nominal itu untuk dua komoditi, yakni beras dan telur. Kemudian ada regulasi baru untuk tahun 2020, dimana jumlah bantuan meningkat menjadi Rp150 ribu. Nominal itu untuk komoditi yang mengandung karbohidrat, protein hewani, protein nabati, vitamin buah-buahan.

“Untuk Kota Cirebon,  tahun 2020 komoditinya adalah beras 9 kg, jeruk setengah kg, tempe, telor setengah kg, ayam setengah kg. Berasnya menggunakan beras premium dari Bulog,” kata Iing.

Untuk minyak goreng dan gula belum boleh dari kementrianya. “Se-kota Cirebon hari ini mendistribusikan bantuan ke 16.259 KPM,” tandasnya. (abd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: