Jalan Bantarpanjang-Cibingbin Ambles, Perbaiki Saluran Air, Relokasi ke Tempat yang Stabil

Jalan Bantarpanjang-Cibingbin Ambles, Perbaiki Saluran Air, Relokasi ke Tempat yang Stabil

KUNINGAN - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kuningan Timur pada Sabtu petang hingga tengah malam menyebabkan akses jalan Desa Bantarpanjang menuju Cibingbin ambles sedalam 50 sentimeter.

Berdasarkan informasi dihimpun, kondisi jalan kabupaten di Blok Kosambi, Desa Bantarpanjang, tersebut ambles sebagian sepanjang 25 meter dan lebar 4,5 meter hingga untuk beberapa saat tidak bisa dilalui kendaraan roda empat. Namun kondisi ini langsung mendapat penanganan petugas dari BPBD dan Dinas PUTR Kabupaten Kuningan sehingga pada Minggu siang akses jalan Bantarpanjang-Cibingbin sudah normal kembali.

\"Dibantu masyarakat setempat dan aparat desa Bantarpanjang, sudah dilakukan tindakan darurat perbaikan jalan dengan menggeser ke sebelah kanan. Selanjutnya, kami sudah berkoordinasi dengan Dinas PUTR untuk perbaikan lebih lanjut,\" ungkap Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan Agus Mauludin kepada Radar.

Agus mengatakan, kondisi jalan tersebut untuk sementara sudah bisa dilalui kendaraan baik roda dua maupun empat namun harus hati-hati. Untuk antisipasi kecelakaan, lanjut dia, di lokasi tersebut juga sudah dipasang garis polisi sekaligus melakukan perbaikan saluran air agar tanah ambles tidak semakin parah.

Sementara itu Kabid Bina Marga Dinas PUTR Teddy Sukmajaya ST MSi mengatakan, pihaknya sudah melakukan pengukuran jalan ambles penghubung Desa Bantarpanjang-Cibingbin tersebut. Untuk jangka pendek, kata Teddy, solusi jalan ambles tersebut adalah melakukan relokasi ke sebelah kanan yang kondisi tanahnya masih stabil.

\"Insya Allah perbaikan akan dilakukan secepatnya. Setelah kita lakukan uji struktur tanah dan dilakukan rekomendasi teknik penanganannya seperti apa, langsu kita lakukan perbaikan,\" ujar Teddy singkat. (fik)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: