Lima Rumah di Desa Haurseah Terancam Longsor

Lima Rumah di Desa Haurseah Terancam Longsor

MAJALENGKA- Musibah tanah longsor terjadi di Desa Haurseah, Kecamatan Argapura, Senin (17/2) dini hari. Informasi yang dihimpun menyebutkan hujan terus mengguyur area tersebut sejak pada Minggu (16/2) sekitar pukul 17.30 hingga 23.00 WIB.

Kades Haurseah Sumarno (45) melalui perangkat desa, Pahim (55) mengatakan pada Senin (17/2) subuh sekitar pukul 04.00, ada warganya yang hendak menuju Kecamatan Maja. Namun jalan terhalang oleh tanah yang longsor. Longsor itu, kata dia, membuat lima rumah dan satu masjid yang berada di dekat tebing ikut terancam. Akses jalan dari Desa Gunungwangi dan Desa Haurseah, Kecamatan Argapura juga terancam putus.

Lebih lanjut dikatakan, untuk warga yang rumahnya terancam longsor, sudah diungsikan ke tempat yang lebih aman. Sementara, tak lama setelah insiden longsor diketahui, dilakukan pembersihan tanah longsor yang menutupi jalan oleh berbagai elemen.

Kapolsek Argapura, Iptu Sarjio SE mengatakan tidak ada korban atas musibah longsor tersebut. Untuk mengatasi longsor itu Jajaran Muspika Argapura, petugas gabungan TNI/Polri bersama warga dan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Majalengka  telah melakukan pembersihan material longsor yang memenuhi jala. Para petugas juga membuka akses jalan dari tanah dan batu dengan alat seadanya.

“Alhamdulilah setelah kerja bakti selama 2 jam didukung adanya sinergitas TNI/Polri, staf kecamatan bersama warga desa yang glangsung dipimpin pak kades Haurseah dan BPBD, kini jalan normal kembali,” kata Kapolsek Sarjio diiyakan Danramil Kapten CBA H Suhardi dan Camat Drs Ono Haryono. (ara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: