Sekda Baru: Integritas Kunci Public Service Berkualitas

Sekda Baru: Integritas Kunci Public Service Berkualitas

BANDUNG - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja, langsung melakukan gebrakan. Saat memimpin apel pagi di Gedung Sate, Kota Bandung, kemarin (17/2), dia menginstruksikan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (Pemdaprov Jabar) untuk mengedepankan integritas.

Menurutnya, integritas adalah kunci dalam mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas. \"Kita ini, dituntut harus berintegritas. Karena, integritas merupakan bagian dari role model yang perlu diterapkan dari atasan sampai dengan pelaksana,\" tuturnya.

Dia mengatakan, muara dari birokrasi adalah melayani. Sementara, syarat untuk melayani kepada publik adalah dengan sepenuh hati. “Saya percaya bahwa ASN Jawa Barat semua akan memulai pekerjaan dengan ikhlas,\" katanya.

Disebutkan Setiawan, ada lima indikator birokrasi yang mesti diperhatikan ASN. Yakni, percepatan pelayanan, efisiensi pelayanan, akurasi pelayanan, fleksibilitas kerja dan dampak sosial.

Guna merealisasikan indikator tersebut, Setiawan menginstruksikan kepada semua ASN di lingkungan Pemda Provinsi Jabar untuk bersinergi, kompak, dan menjaga harmoni.

\"Para pejabat di lingkungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Sekretariat Daerah, mohon segera bisa secara berjenjang untuk melakukan dialog kinerja. Agar tahu bahwa apa tiga bulan ke depan target yang akan dicapai,\" tegasnya.

\"Ini semua akan kita harapkan berakhir dengan naiknya Indeks Reformasi Birokrasi di Jawa Barat.  Semoga yang selalu didengungkan Pak Gubernur, Jabar Juara setidaknya di lingkungan ASN bisa tercapai,\" pungkas Setiawan.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melantik Setiawan sebagai Sekda Provinsi Jawa Barat definitif di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat lalu (14/2). Pelantikan Setiawan sebagai Sekda Jabar berdasarkan Surat Keputusan Presiden RI Nomor: 31/TPA tanggal 30 Januari 2020 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di Lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (Pemdaprov Jabar). Surat keputusan tersebut diterima Pemdaprov Jabar pada 11 Februari 2020 lalu.

\"Atas nama pribadi dan jajaran, tentulah saya mengucapkan selamat kepada Pa Sekda yang baru atas pelantikan ini,\" kata Ridwan Kamil usai melantik Setiawan.

Dalam sambutannya, gubernur menegaskan, proses seleksi Sekda Provinsi Jawa Barat sudah melalui prosedur yang sesuai dengan regulasi. Artinya, keputusan akhir terkait proses seleksi ini diambil oleh Presiden RI.

\"Semua yang ikut seleksi Sekda Provinsi Jawa Barat merupakan orang-orang terbaik. Yang terbaik itu sudah dipilih Presiden,\" tegasnya.

Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil- langsung memberikan tugas kepada Setiawan, yakni memastikan pelayanan publik Pemdaprov Jabar berjalan baik. Dia pun meminta Setiawan untuk mengakselerasi reformasi birokrasi.

\"Penduduk Jawa Barat adalah seperlima penduduk Indonesia yang hampir 50 juta jiwa. Pak Sekda harus menjamin kelancaran pelayanan kepada masyarakat dengan jumlah yang besar,\" ucapnya.

\"Tentunya, dalam mewujudkan Jabar Juara Lahir Batin, reformasi birokrasi jadi tantangan. Ini yang saya titipkan kepada Pak Setiawan,\" imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: