Harga Bawang Putih Naik, Pemdaprov Gelar Operasi Pasar

Harga Bawang Putih Naik, Pemdaprov Gelar Operasi Pasar

BANDUNG – Guna menjaga stabilitas harga sembilan bahan pokok (sembako), khususnya bawang putih, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (Pemdaprov Jabar) menggelar operasi pasar. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil langsung meninjau pelaksanaan operasi pasar tersebut di Pasar Astanaanyar, Kecamatan Astanaanyar, Kota Bandung, kemarin (18/2).

Dia mengatakan, operasi pasar sekaligus bukti kesigapan pemerintah usai laporan masyarakat yang mengeluhkan harga bawang putih naik dua kali lipat dari harga normal.

\"Kami dengan sigap segera melakukan operasi pasar dengan menjual bawang putih dengan harga Rp28 ribu per kilogram ke pasar-pasar di seluruh Jawa Barat. Salah satunya yang kita saksikan di Pasar Astanaanyar ini,\" kata Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Dalam kesempatan tersebut, Kang Emil meminta masyarakat untuk tidak perlu khawatir kehabisan bawang putih karena stok yang dijual di setiap operasi pasar melimpah hingga 8 ton.

\"Operasi pasar ini kita siapkan 8 ton bawang putih per pasar. Stok masih berlimpah, jangan khawatir, belanjalah bawang putih di operasi pasarnya Disperindag Provinsi Jawa Barat dan Satgas Pangan untuk memastikan harga terjangkau di angka Rp28 ribu per kilogram,\" ucapnya.

Melalui operasi pasar, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jabar dan Tim Satgas Pangan Jabar memastikan bawang putih dijual dengan harga terjangkau dan terjaga kualitasnya.

Siti, salah seorang warga asal Pasirkoja yang memanfaatkan operasi pasar ini, mengaku terbantu karena bawang putih dijual dengan harga murah.

\"Ini sangat baik karena membantu masyarakat apalagi orang yang jualan. Bawang putih ini kan bahan dasar untuk banyak makanan. Kalau bawang naik, otomatis yang lain juga naik,\" ujar Siti.

Sebelumnya, Siti mengeluhkan mahalnya harga bawang putih di Pasar Astanaanyar yang mencapai Rp46 ribu per kilogram.

\"Saya beli untuk konsumsi rumah tangga. Kalau tidak ada bawang putih tidak bisa masak. Kemarin saya beli di pasar Rp46 ribu per kilogram. Jadi, ada operasi pasar ini sangat membantu sekali,\" pungkasnya. (jun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: