Lulusan SMK Perlu Dibekali Soft Skill

Lulusan SMK Perlu Dibekali Soft Skill

CIREBON - Selain dituntut untuk memiliki keterampilan (hard skill) lulusan SMK juga dituntut untuk memiliki soft skill yang baik. Sebab, soft skill sangat bermanfaat dalam dunia kerja dan industri.

Hal tersebut menjadi pembahasan dalam workshop penguatan kemiteraan SMK dengan dunia industri. Kegiatan dilaksanakan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan lapangan kerja yang digelar oleh Forum Balai Kerja Khusus (BKK) Wilayah Kerja X Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat di Ballroom Hotel Prima, Senin (24/2).

Ketua Pelaksana workshop, Suripto mengatakan, saat ini  SMK harus memfasilitasi siswanya supaya tersalurkan dengan dunia kerja dan Industri. Namun selain dituntut untuk memiliki keterampilan yang sesuai dengan pekerjaan yang dibutuhkan. SMK juga seharusnya mempersiapkan soft skill lulusanya agar memiliki karakter yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

“Jadi soft skill ini kita bekali juga untuk lulusan kita yang akan terjun ke dunia kerja dan industri. Beberapa sekolah yang memiliki BKK sudah banyak yang melakukanya,” ujar Suripto, kepada Radar Cirebon.

Ripto menjelaskan, setidaknya ada 10 modul soft skill yang diberikan kepada siswa. Seperti mengajak untuk mengenal diri dan percaya diri, memiliki visi dan goal setting.

Kemudian menanamkan siswa untuk menunda kesenangan bekerja, menanamkan siswa untuk dapat mengelola stress dan kekhawatiran, berpikir kritis dan pemecahan masalah secara kreatif. Soft skill lainnya menanamkan rasa empati dan proaktif, mendengar aktif, menghargai, kerja sama dan kemampuan menyelesaikan konflik.

Kepala KCD Wilayah X Jawa Barat, Drs H Islam Widya Hikmat MSi berharap ke depanya antara SMK dan juga dunia kerja dan industri dapat terjalin lebih luas lagi. Supaya lulusan SMK di Jawa Barat dapat langsung terserap dengan dunia kerja dan industri.

“Kita berharap kedapan dunia industry dan usaha ini bisa semakin banyak lagi yang menyerap tenaga kerja dari lulusan lulusan SMK,” harapnya. (awr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: