Lengkapi Fasilitas, Buka Kelas Keterampilan

Lengkapi Fasilitas, Buka Kelas Keterampilan

CIREBON-Gerakan literasi sejak tahun 2019 terus dicanangkan oleh pemerintah daerah. Hal ini turut dilaksanakan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Cirebon. Berbagai gerakan literasi pun dilakukan guna menunjang kebutuhan pengunjungnya.

Plt Kabid Layanan Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Cirebon, Harcan mengungkapkan, di sepanjang Januari 2020 kunjungan naik menjadi 7000 pengunjung. Dibandingkan pada bulan sebelumnya yaitu Desember 2019, kunjungan hanya mencapai 5000 pengunjung.

Dijelaskan Harcan, naiknya tingkat kunjungan turut ditopang dengan updatenya ketersediaan buku dan berbagai kegiatan literasi. \"Fasilitas juga kami hadirkan seperti wifi dan komputer sehingga kini perpustakaan selain tempat baca juga menjadi tempat untuk para pelajar, mahasiswa untuk kerja kelompok. Sedangkan pengunjung tingkat umum bisanya datang hanya untuk meminjam buku,” ungkapnya kepadar Radar Cirebon, kemarin.

Mengenai ketersediaan buku di Perpustakaan Kabupaten Sumber sendiri, Harcan menyebutkan, saat ini tersedia 34 ribu koleksi buku yang terdiri dari buku pelajaran untuk TK, SD, SMP, SMA, kuliah dan pengetahuan umum.  Dengan koleksi buku dan beragam kegiatan yang dicanangkan, lanjut Harcan, Perpustakaan Sumber telah mendapatkan penghargaan sebagai perpustakaan terbaik dari program BI Corner di tahun 2019.”Semoga tahun ini pun bisa mendapatkan penghargaan itu,\" terangnya.

Selain itu, pihaknya juga melengkapi berbagai kegiatan literasi, membuat kelas mulai dari kelas merajut, kelas menari, kelas memasak, komputer dan beberapa kelas keterampilan lainnya. “Awalnya kami mengadakan kelas merajut saja, beberapa ibu-ibu banyak yang ikut hingga kini bisa menjualnya. Kini akan menambah beberapa kelas lagi, ini terbuka untuk umum dan gratis,” jelasnya.

Pihaknya berharap, perpustakaan bukan hanya menjadi tempat untuk membaca namun bisa menjadi inklusi sosial dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. “Untuk itulah beberapa kelas ini digelar,” tandasnya.

Hingga saat ini, sambungya, Perpustakaan Sumber buka setiap hari hingga pukul 16.00 15.30 WIB. “Khusus untuk Sabtu dan Minggu kami buka mulai pukul 09.00 hingga 14.00 WIB,” tukasnya. (apr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: