Pemkot Cirebon Raih Penghargaan Arsip Nasional

Pemkot Cirebon Raih Penghargaan Arsip Nasional

WAKIL Walikota Cirebon Eti Herawati mewakili Pemerintah Daerah Kota (Pemkot) Cirebon, menerima penghargaan Pengawasan Kearsipan Nasional yang diberikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN-RB), Tjahjo Kumolo di Kota Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (26/2).

Wakil Walikota Cirebon Eti Herawati mengapresiasi kinerja Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Cirebon, yang telah bekerja optimal hingga mendapatkan prestasi skala nasional. Perjalanan Kota Cirebon tercatat dalam dokumen sejarah.

Untuk itu, dibutuhkan kearsipan dan perpustakaan yang baik. “Kami akan meningkatkan fasilitas infrastruktur perpustakaan dan kearsipan yang dimiliki Kota Cirebon,” ucapnya.

Kepala Dispusip Kota Cirebon Jaja Sulaeman mengatakan, arsip merupakan memori kolektif bangsa, bentuk akuntabilitas dan transparansi penyelenggaraan pemerintahan. Lebih dari itu, arsip sebagai bahan penelitian untuk pengembangan pembangunan. Untuk itu, Dispusip mulai tahun ini membangun depo arsip tiga lantai.

Pelestarian arsip sejarah dan budaya Cirebon sudah ditetapkan menjadi prioritas nasional dan Jawa Barat. Dispusip, kata Jaja Sulaeman, akan membangun gedung diorama yang sangat terkait dengan pengembangan wisata edukasi maupun rekreasi di Kota Cirebon.

Di samping itu, mendukung Cirebon Smart City dan E-Government, Dispusip mengembangkan Sistem Informasi Kearsipan Daerah (SIKD) dan digitalisasi arsip. (ysf)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: