Pemdes Bongas Wetan Bangun Ruko BUMDes

Pemdes Bongas Wetan Bangun Ruko BUMDes

MAJALENGKA - Tahun 2019 lalu, pemerintah desa (Pemdes) Bongas Wetan kecamatan Sumberjaya merealisasikan sejumlah program pada Dana Desa (DD) tahap ketiga.

Kepala desa Bongas Wetan, Mamat Saripudin menjelaskan pihaknya telah merampungkan pengerjaan ruko Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan kapasitas lima lokal.

\"Karena regulasi sekarang ini bahwa BUMDes baik jenis usaha apapun harus memiliki ruko sendiri. Selain itu juga kami telah merealisasikan tiang PJU yang terpasang 100 tiang,\" kata Mamat disela meninjau ruko BUMDes, Kamis (27/2).

Dia menjelaskan beberapa aspek pembangunan tentu harus menyangkut ekonomi, lingkungan dan sosial. Pihaknya juga mengaku sudah menjalin kerjasama dengan masyarakat setempat untuk mengembangkan produk-produk asli desa.

Berdasarkan aturan dalam UU No 6 Tahun 2014 tentang Desa, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) merupakan badan usaha yang secara keseluruhan atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh desa. Melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat desa.

\"Tentunya kehadiran ruko BUMDes ini untuk meningkatkan pendapatan desa sesuai dengan kebutuhan dan potensi yang dimiliki. Diharapkan nantinya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat kami,\" paparnya.

Pihaknya berupaya terus mendorong usaha ekonomi desa secara luas. Menciptakan kegiatan-kegiatan yang membuka akses produksi, distribusi, dan pasar bagi rakyat desa dalam pengelolaan kolektif dan individu yang ditekankan bisa berkembang dan berlanjut.

Disamping itu, Pemdes Bongas Wetan juga telah merealisasikan pengerjaan drainase yang berbatasan dengan Desa Pancaksuji kecamatan Sumberjaya. Buruknya drainase itu berakibat banjir saat musim hujan.

\"Realisasi lainnya juga seperti pemasangan tiang PJU dilakukan di Blok Senin sampai Buah Gede sebanyak 100 tiang. Serta hotmix gang di Blok Ahad sepanjang 700 meter,\" tandasnya.

Tahun 2020 mendatang yang sudah masuk ke dalam RPJMDES telah menganggarkan perbaikan lanjutan gang di Blok Ahad dan Buah Gede dan lanjutan pembuatan tiang PJU, drainase untuk mengatasi banjir yang berfungsi juga sebagai saluran pertanian. \"Selain penyelesaian hotmix, kami juga telah mengusulkan perbaikan Balai Kampung dan penyelesaian infrastruktur lain di blok Buah Gede,\" tukasnya. (ono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: