Germas, Warga Serentak Makan Buah dan Sayur

Germas, Warga Serentak Makan Buah dan Sayur

KESAMBI - Lebih dari 120 warga mengikuti Kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang digelar oleh UPT Puskesmas dan Kelurahan Sunyaragi. Kegiatan yang digelar di komplek Tamansari Goa Sunyaragi, mendorong agar masyarakat lebih mengerti dan peduli terhadap kesehatannya.

Kepala Puskesmas Sunyaragi, Suharto mengatakan, Gebyar Germas merupakan bagian dari melakukan pembangunan kesehatan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang. Tujuan akhirnya tidak lain adalah meningkatkan kualitas hidup.

Dalam kesempatan itu, selain menyosialisasikan perilaku hidup sehat, pihaknya bersama dengan para tenaga kesehatan dan kader wilayah Sunyaragi juga melakukan senam, makan buah secara serentak, serta pengecekan kesehatan kepada masyarakat.

“Gebyar Germas ini untuk mempromosikan, mengajak dan memotivasi masyarakat untuk menerapkan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dengan langkah sederhana seperti makan buah dan sayur, aktif berolahraga, dan rutin mengecek kondisi kesehatanya,” kata Suharto, kepada Radar Cirebon, Jumat (28/2).

Lurah Sunyaragi, H Rustim menambahkan, implementasi aksi germas perlu dilaksanakan untuk menciptakan budaya masyarakat hidup sehat agar negara menjadi kuat. Bahkan, jika hidup sehat sudah menjadi kebiasaan sehari-hari, maka penyakit tidak bakal mudah menyerang pada tubuh.

Yang juga perlu menjadi perhatian serius oleh masyarakat, khususnya para ketua RW, Kader Posyandu dan Tenaga Kesehatan yang berada di kelurahan Sunyaragi adalah membudayakan keluarga untuk mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan. Khususnya buah-buahan dan sayuran lokal yang terbukti lebih aman, sehat dan mudah didapatkan. “Mudah mudahan di masyarakat bisa diterapkan,” harapnya. (awr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: