Kalau Ancaman Virus Corona Serius, Sekolah Diliburkan

Kalau Ancaman Virus Corona Serius, Sekolah Diliburkan

“Sejak awal saya sampaikan bahwa kita harus menjaga kebersihan, banyak cuci tangan. Jangan kontak (dengan orang lain) yang tidak perlu, kemudian menjaga tubuh lebih fit sehingga imunitas kita terjaga,” kata Presiden.

Menurut Jokowi, Indonesia sudah mengantisipasi kedatangan virus ini dengan menyiapkan rumah sakit dengan ruang isolasi sesuai standar kesehatan internasional. Terdapat 100 rumah sakit yang memiliki ruang isolasi tersebut di Indonesia.

Ia menambahkan, Indonesia juga memiliki peralatan berstandar internasional seperti reagen yang memadai. Selain itu, pemerintah membentuk tim gabungan dari unsur TNI, Polri dan kalangan sipil untuk mengantisipasi meluasnya wabah Covid-19.

“Kita juga memiliki tim gabungan, yang ini tidak pernah saya sampaikan, tim gabungan TNI Polri dan sipil, dalam penanganan ini. Kita juga memiliki SOP yang standarnya sama dengan standar internasional yang ada,” terangnya. Presiden juga mengungkapkan, bahwa pemerintah sudah mempersiapkan anggaran untuk mengatispasi virus berbahaya tersebut.

“Anggarannya ada dan ini juga diprioritaskan. Karena kalau kita tidak serius untuk menangani ini, kalau dianggap tidak serius, ini sangat berbahaya karena memang penyakit ini perlu kita waspadai dan perlu kita hati-hati,” tuturnya. (der/fin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: