Penderita Gangguan Mental di Kuningan Tembus 2.300

Penderita Gangguan Mental di Kuningan Tembus 2.300

KUNINGAN - Tugas berat penanganan Penyandang Disabilitas Mental (PDM) atau Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) masih berat. Tercatat penderita ganguan mental di Kabupaten Kuningan tersebut telah mencapai 2.300 orang. Jumlah itu diakui Ketua Yayasan Lembaga Kesejahteraan Sosial Rumah Antara Graha Berdaya, Lukman Mulyadi.

“Rumah Antara merupakan yayasan yang memberikan perhatian dan pembinaan bagi para penyandang disabilitas mental. Kami ingin menjadi jembatan antara para penderita dengan keluarganya. Saat ini, kami mencatat Kabupaten Kuningan masih punya 2.300 penderita gangguan mental,” beber Lukman Mulyadi di sela Penyerahan PDM Warga Binaan Rumah Antara Graha Berdaya Kabupaten Kuningan kepada Keluarga di Aula Kantor Pemerintahan Desa Subang, Kecamatan Subang, Minggu (8/3).

Namun belum seluruhnya penderita ganguan mental tersebut dapat dibina karena keterbatasan sarana dan tenaga. Untuk tenaga perawatnya pun, sebagian merupakan para penderita yang sudah dinyatakan sembuh dari ganguan mental, lalu mengabdikan diri membantu yayasan.

Bupati Kuningan H Acep Purnama menjelaskan, penanganan PDM dan ODGJ tergantung dari peran keluarga. Kepedulian dan perhatian keluarga adalah kunci bagi penderita. \"Saya menyaksikan sendiri peristiwa ini, sangat haru. Tadi saya ngobrol dengan mereka (PDM, red) dan alhamdulillah mereka sudah bisa diajak ngobrol dan layak kembali ke keluarganya,” ungkap bupati didampingi Camat Subang Indra Bayu Permana di sela menghadiri acara tersebut.

Ia meminta tolong kepada pihak keluarga untuk rawat mereka. Karena anak adalah titipan Allah maka perlakukan mereka dengan baik sebagaimana waktu kecil mereka dirawat. “Mereka adalah saudara dan anak kita. Terima kembali mereka ke tengah-tengah keluarga. Mereka juga tidak mau seperti ini. Berikan kasih sayang dan cinta di keluarga,\" pinta dia dengan nada haru.

Ucapan terima kasih disampaikan bupati kepada Yayasan Lembaga Kesejahteraan Sosial Rumah Antara Graha Berdaya yang berada di bawah binaan Dinas Sosial Kabupaten Kuningan, yang telah membantu pemerintah dalam menangani dan membina para penderita hingga bisa dinyatakan pulih dan kembali ke keluarganya masing-masing.

\"Atas nama pemerintah, saya mengucapkan terima kasih kepada Pak Lukman dan jajaran di Yayasan Rumah Antara Graha Berdaya,” ucapnya.

Bupati sangat berharap Yayasan Rumah Antara Graha Berdaya jangan lelah dan bosan untuk menolong dan terus membina PDM agar dapat kembali ke tengah-tengah keluarga. Bupati juga meminta dinas sosial, untuk memberdayakan para PDM dengan memberi kesibukan dengan kegiatan pemberdayaan ekonomi agar memiliki penghasilan dan masa depan.

Sementara PDM yang diserahkan pada kesempatan tersebut sebanyak enam orang yakni, Suriyat (40) dan Lukman (27) asal Desa Pamulihan dan empat warga Desa Subang, Ira (24), Kokom (38), Aris (27), dan Tatin (40). (tat)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: