Usul Tambah Anggota TACB

Usul Tambah Anggota TACB

CIREBON – Pembentukan Tim Ahli Cagar Budaya (TACB) Kota Cirebon masih menunggu surat keputusan pengangkatan dari walikota. Meski demikian, usulan anggota TACB yang semula berjumlah empat orang, direncanakan akan ditambah satu orang lagi. Dengan demikian, anggota tenaga ahli dalam tim tersebut berjumlah ganjil.

Kepala Dinas kepemudaan olahraga kebudayaan dan pariwisata (DKOKP) Kota Cirebon Agus Suherman menjelaskan, pihaknya sudah bebereapa kali menggelar pembicaraan dengan tenaga ahli cagar budaya asal Kota Cirebon yang dinominasikan dapat diangkat menjadi TACB melalui SK Walikota.

Dari pembicaraan-pembicaraan tersebut, muncul rencana adanya penambahan personel tenaga ahli untuk dimasukkan ke nominator anggota TACB. Namun kendalanya, keberadaan tenaga ahli cagar budaya yang telah memiliki kualifikasi dan sertifikasi di Kota Cirebon terhitung minim. Sehingga direncanakan akan menggandeng tenaga ahli dari luar daerah.

“Untuk usulan anggota timnya mungkin akan ditambah satu lagi dari Kabupaten Cirebon, tenaga ahli yang memang telah memiliki kuaifikasi dan sertifikasi dalam bidang ini. Di daerah lain juga TACB-nya tidak semua berdomisili pada daerah yang bersangkutan,” ujar Agus, kepada Radar Cirebon, Selasa (10/3).

Rencana penambahan perekrutan tenaga ahli dari daerah tetangga mengingat potensi pengkajian yang akan dilakukan oleh tim sering beririsan dengan lokasi domisili diluar daerah tetangga Kota Cirebon.

Bahkan, di daerah sekitar pun seperti Kabupaten Cirebon, Indramayu, dan Kuningan bahkan diluar Ciayumajakuning pun cukup banyak peninggalan masa lampau yang punya keterkaitan dengan Cirebon. (azs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: