Rutan Cirebon Siap Luncurkan Aplikasi Mudahkan Penjenguk

Rutan Cirebon Siap Luncurkan Aplikasi Mudahkan Penjenguk

CIREBON - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cirebon atau Rutan Benteng Cirebon berencana meluncurkan sebuah aplikasi yang memudahkan masyarakat yang hendak menjenguk warga binaan.

Aplikasi tersebut saat ini masih dalam proses penggodokan. Namun tak akan lama lagi aplikasi tersebut akan diluncurkan. Kepala Rutan Kelas 1 Cirebon, Fonika Affandi mengatakan, dengan adanya aplikasi yang rencanaya dinama Siteman RBC tersebut, akan memudahkan masyarakat yang akan menjenguk narapidana.

Pasalnya selama ini, saat hendak menjenguk keluarga atau kerabatnya yang mendekam di Rutan, masyarakat harus melalui beberapa proses seperti mengantri dan mendaftarkan diri. “Padahal masyarakat juga keperluanya kan tidak hanya menjenguk. Dengan aplikasi ini, masyarakat bisa daftar diri melalui aplikasi. Jadi bisa memangkas waktunya dalam proses birokrasi,” ujar mantan Karutan Kelas 1 Tanjung Pinang tersebut.

Fonika melanjutkan, penggunaan aplikasi tersebut sebagai bentuk pemanfaatan teknologi dan inovasi yang digunakan untuk memberikan layanan kepada masyarakat.

Dirinya berharap, keberadaan aplikasi tersebut akan meningkatkan kinerja dan mengubah pola pikir dan mindset petugas dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat. Terlebih, saat ini Rutan Kelas 1 Cirebon juga tengah mempersiapkan diri untuk meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

“Sekarang ini Rutan sedang memepersiapkan diri meraih predikat WBBM. Jadi kita juga harus mempersiapkan banyak hal. Termasuk inovasi dalam mendukung pelayanan kepada masyarakat dan warga binaan,” pungkasnya. (awr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: