Kalikoa Fokus Pemberdayaan Masyarakat

Kalikoa Fokus Pemberdayaan Masyarakat

CIREBON – Desa Kalikola melakukan musyawarah musyawarah RPJMDes beberapa waktu lalu. Kuwu Kalikoa Kecamatan Kedawung, Misbakh Fauzi menuturkan musyawarah tersebut menghasilkan beragam rencana kerja dalam 6 tahun mendatang.

Selain infrastruktur, beberapa program kerja tersebut dikatakannya akan difokuskan pada pemberdayaan masyarakat. Hal ini meliputi kapasitas SDM dan pelatihan diklat. Dari 100 persen warga yang ada, target pemberdayaan ini juga 40 persennya harus bisa diikuti oleh para pemuda setempat.

\"Dari RPJMDes yang dibuat saya berharap warga bisa sejahtera untuk itu kami berdayakan mereka agar semuanya bisa terlayani sendiri,\" tuturnya.

Hingga saat ini dari data yang ada, sebanyak 30% warganya belum terserap sebagai tenaga kerja. Dengan mayoritas warganya berlatar belakang pendidikan SMA, pihaknya berharap pelatihan ini bisa memberdayakan para warga yang nantinya juga bsia menjadi pergerak perekonomian. Pihaknya juga akan bekerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) untuk membuka berbagai kelas seperti otomotif, menjahit, elektronik dan lainnya. Nantinya peserta akan diikutsertakan selama 6 bulan untuk dilatih keterampilan tertentu.

\"Ke depan sosialisasi pengembangan dan pemberdayaan masyarakat akan kami lakukan untuk semua usia bahkan untuk ibu-ibu. Kelas-kelasnya akan kami sesuaikan secara bertahap agar keterampilan masyarakat sini bisa terasah dan bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri,\" paparnya.

Beberapa permasalahan lain yang hingga kini masih ada di Kalikoa antara lain kesehatan yang kurang terlayani karena KIS banyak yang mati. Kemudian ekonomi yang kurang merata dan kurangnya tenaga kerja yang terserap. \"Semoga dengan beragam pemberdayaan yang akan kami lakukan bisa menyelesaikan permasalahan kesejahteraan masyarakat,\" harapnya. (apr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: