Rekrut Pemain saat Pandemi

Rekrut Pemain saat Pandemi

BARCELONA - Saat ada kesempitan, di situ ada kesempatan. Peribahasa ini tercermin dalam sikap Barcelona menanggapi penundaan kompetisi La Liga. Kendati pandemi Covid-19 membuat semuanya menjadi hening, namun kasak-kusuk jendela transfer pemain masih terasa ramai.

Tanpa pemberitaan yang heboh, Blaugrana, julukan Barcelona, sukses mendapatkan satu pemain baru berposisi penyerang. Blaugrana telah mengikat striker muda milik Sao Paulo, Gustavo Maia. Bomber 19 tahun itu diikat Barcelona dengan uang cicilan sebesar EUR1 juta atau setara Rp17,47 miliar hingga Juni mendatang.

Kedatangan Maia menambah panjang deretan pemain muda yang akan telah dibeli Barca musim 2019/2020 (selengkapnya lihat grafis).

Dalam wawancaranya bersama ESPN, Direktur Sao Paulo, Alexandre Passaro mengatakan, cicilan tersebut akan ditambah dengan EUR4 juta pada akhir Juni untuk menyelesaikan kesepakatan. \"Nilai tersebut nantinya 70 persen merupakan hak dari Maia dan 30 persen sisanya bakal diterima oleh Sao Paulo,\" ujar Passaro, kemarin.

\"Apabila Barcelona tidak melaksanakan opsi itu, kami mendapatkan biaya awal (EUR1 juta),\" ujar Passaro.

“Maia adalah satu dari sekian nama wonderkid yang diincar para pencari bakat Barca dalam perjalanannya ke Brasil, tahun lalu,” kata beberapa sumber kepada ESPN.

Bek kanan Coritiba, Yan Couto, menjadi incaran Barcelona selanjutnya. Sayangnya, Manchester City lebih dulu mendapatkan tanda tangannya. Bek tersebut akan tiba di Etihad Stadium, musim panas ini.

Maia merupakan salah satu talenta berbakat yang dimiliki oleh Sao Paulo yang masih terikat kontrak hingga 2022 mendatang. Dia diperkirakan akan menjalani debutnya di Sao Paulo -di mana mantan bintang Barca Dani Alves sekarang bermain- dalam beberapa minggu mendatang. Tapi, penangguhan Liga Brasil karena pandemi Covid-19 telah menunda mimpinya tersebut.

Penyerang serba bisa, yang bisa bermain di kiri atau tengah itu, punya kinginan bermain untuk Barcleona. Dia berambisi tampil agresif dan jadi talenta terbaik seluruh dunia.

Dalam latihan pramusim mendatang, Barcelona akan melibatkan pemain mudanya, Pedro Gonzalez Lopez, atau lebih dikenal dengan sapaan Pedri. Pemain yang kini telah berusia 17 tahun itu telah menandatangai kesepakatan di Camp Nou pada September 2019, dengan imbalan EUR5 juta. Saat itu dia baru berusia 16 tahun dan dipinjamkan ke klub Segunda Division, Las Palmas, sembari menunggu waktunya untuk gabung dengan Barcelona musim depan. (fin/tgr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: