Pesawat Hercules Pengangkut Alat Rapid Kit Test Corona Sudah Tiba di Tanah Air

Pesawat Hercules Pengangkut Alat Rapid Kit Test Corona Sudah Tiba di Tanah Air

JAKARTA - Pemerintah segera melakukan rapid kit test sebagai penanganan virus corona. Pesawat Hercules TNI AU yang membawa alat kesehatan tersebut sudah tiba di tanah air.

Diinformasikan Dinas Penerangan TNI AU, pesawat Hercules telah melakukan perjalanan dari Shanghai, Tiongkok dan tengah transit di Apron Hanggar Barat, Pangkalan Udara(Lanud) TNI AU Raden Sadjad (Rsa), Ranai, Kabupaten Natuna, Minggu (22/3/2020).

Pesawat landing pada pukul 09.25 WIB, dipiloti oleh Komandan Skadron Udara 32 Wing Udara 2, Lanud Abdulrachman Saleh Malang Jawa Timur, Letkol Pnb Suryo Anggoro beserta 20 kru pesawat dan 2 personel dari Kemhan.

Setelah landing para pilot dan kru pesawat Hercules C-130 TNI Angkatan Udara dengan Nomor Registrasi A-1333 langsung di semprot menggunakan desinfektan dan pemeriksaan suhu tubuh oleh Tim Kesehatan Rumah Sakit (Rumkit) TK III Integrasi TNI Dr Yuniati Wisma Karyani Lanud Raden Sadjad di pimpin Kepala Rumkit Lanud Rsa Mayor Kes dr. Randy.

Pada saat diwawacara, Komandan Lanud Raden Sadjad, Kolonel Pnb Fairlyanto, ST MAP mengatakan, setelah pesawat hercules landing petugas melaksanakan pengamanan yang berjalan aman dan lancar kemudian kru turun dari pesawat dilaksanakan penyemprotan cairan desinfektan.

Kemudian sterilisasi dan desinfektan dalam pesawat termasuk kockpit dan kargo.

“Selanjutnya kita refeul pesawatnya, setelah itu pengecekan kesehatan terhadap kru secara bertahap oleh tim medis dari Rumkit TNI AU,” katanya.

Pesawat Hercules tersebut kemudian diberangkatkan menuju Lanud Halim Perdanakusumah, Senin pukul 08.00 WIB dan barang-barang yang dibawa akan di unloading di sana. 

Jubir pemerintah untuk penanganan virus Corona, Achmad Yurianto mengungkapkan, tes kit yang tiba di tanah air jumlahnya mencapai 150 ribu.

Rencananya akan disebar disesuaikan dengan kasus positif yang berada di daerah terkait. (yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: