Aktivitas BIJB Normal, Akui Jumlah Penumpang Turun, Namun Tetap Layani Penerbangan

Aktivitas BIJB Normal, Akui Jumlah Penumpang Turun, Namun Tetap Layani Penerbangan

MAJALENGKA - Bandara Kertajati, Majalengka, dipastikan tetap beroperasi normal melayani penerbangan meski Indonesia tengah menghadapi darurat kesehatan terkait pandemi Corona atau Covid-19.

Direktur Utama PT Bandar Udara Internasional Jawa Barat (PT BIJB), Salahudin Rafi, mengatakan kabar yang beredar bahwa Bandara Kertajati tutup beroperasi adalah kabar bohong alias hoaks.

“Kami pastikan, Bandara Kertajati tetap buka dan beroperasi dengan normal melayani penumpang dan maskapai,” katanya dalam keterangan pers yang diterima, Jumat (20/3).

Rafi mengakui, bisnis penerbangan saat ini terdampak paling signifikan akibat penyebaran virus Corona. Menurutnya, hampir semua bandara di Indonesia bahkan dunia mengalami penurunan jumlah penumpang dan penutupan sejumlah rute penerbangan.

Situasi ini dialami oleh semua bandara tak terkecuali Kertajati. Namun penurunan bukan berarti menutup operasi.

Selain masih melayani penumpang ke sejumlah rute, Bandara Kertajati pun tetap harus beroperasi mengingat statusnya sebagai bandara alternatif dan menjadi perlintasan rute penerbangan lain.

Pihak bandara sudah melakukan tahapan-tahapan pencegahan penyebaran virus Corona. Secara rutin dilakukan penyemprotan disinfektan bandara dari mulai layanan hingga ruang tunggu dan gerai.

“Kami ingin memastikan bandara clean and clear, aman dari virus corona, dan aman bagi penumpang yang akan terbang,” jelas Rafi.

Menurutnya, proses disinfektan itu merupakan bentuk komitmen BIJB Kertajati agar tetap bisa memberikan pelayanan dan kenyamanan bagi calon penumpang. Seluruh tahapan itu mengikuti standar kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah.

\"Disinfektan sebulan dua kali. Dalam satu pekan terakhir, sudah dua kali disinfektan ini dilakukan. Kami bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan Kertajati,” tukasnya. (ono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: