Pembatalan Tiket Lebaran Bisa dari Sekarang

Pembatalan Tiket Lebaran Bisa dari Sekarang

CIREBON - Penyebaran corona virus disease (Covid-19) berdampak kepada rencana mudik pada Ramadhan-Idul Fitri nanti. Bagi masyarakat yang sudah terlanjur membeli tiket lebaran, bisa membatalkan dari sekarang.

Kebijakan ini berlaku sejak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperpanjang status darurat Covid-19 sampai dengan tanggal 29 Mei mendatang. Pembatalan pembelian tiket juga tidak dikenakan potongan. “Pengambalian 100 persen,” ujar Manager Humas Daop III Cirebon, Luqman Arief, kepada Radar Cirebon, Senin (23/3).

Menurut Luqman, pembatalan tiket lebaran bisa dilakukan lewat aplikasi resmi maupun datang langsung ke stasiun.

Selain pada penumpang mudik lebaran, dampak dari pandemi corona penumpang yang menggunakan jasa PT KAI turun secara signifikan. Tercatat sampai dengan saat ini penurunan penumpang pengguna moda transportasi kereta sebesar 12 persen.

mengatakan, penurunan jumlah penumpang terjadi sejak 2 Maret. Sebelumnya dalam sehari jumlah penumpang yang datang dan pergi di Stasiun Kejaksan dan Prujakan sebanyak 6.861 orang. Namun saat ini jumlah penumpang sebesar 5.170 orang. Hal ini disebabkan masyarakat menunda perjalanan mengingat wabah covid-19.

Sebagai pencegahan, PT KAI membagikan masker, hand sanitizer, dan menerapkan social distancing baik di stasiun maupun kereta. Sesuai permintaan penumpang serta pemberian fasilitas westafel di beberapa titik di stasiun. (abd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: