Stok APD di RSUD Waled Terbatas, Hanya Cukup Beberapa Hari

Stok APD di RSUD Waled Terbatas, Hanya Cukup Beberapa Hari

CIREBON - Stok Alat Pelindung Diri (APD) di RSUD Waled semakin terbatas, hanya cukup untuk beberapa hari ke depan. Pengadaan APD-pun terbentur sulitnya mendapatkan APD.

Wakil Direktur Pelayanan Medis RSUD Waled, dr Dwi Sudarni kepada Radar Cirebon mengatakan, stok APD yang ada di RSUD Waled sudah semakin menipis. Untuk masker N95, masih di bawah 300 buah. “Selasa kemarin kita masih ada stok 300. Sedangkan setiap hari kita butuhkan N95 sebanyak 60 sampai 75,” ujarnya, kemarin.

Sehingga, masker N95 menurut Dwi, stok yang ada hanya cukup dalam beberapa hari ke depan. “Hari ini saya belum lihat jumlah stok yang ada berapa. Cuma kalau dilihat dari Selasa saja sudah 300. Jadi akan habis stok dalam beberapa hari ke depan,” tuturnya.

Masker N95 ini sangat dibutuhkan untuk tenaga medis yang merawat pasien PDP di ruang isolasi. Dalam aturannya, ruang isolasi yang merawat PDP wajib menggunakan masker N95. Masker lainnya hanya diperuntukkan bagi ruangan perawatan lain selain isolasi.

Sedangkan untuk APD pakaian tenaga medis di ruang isolasi, jauh lebih sedikit dibandingkan stok masker N95. “Kalau pakaian malah jauh lebih sedikit lagi dari stok masker N95. Tetapi, jumlah pastinya hari ini ada berapa saya belum tahu,” ujarnya.

Dwi mengatakan, keterbatasan stok APD bukan berarti pihaknya tidak melakukan pengadaan APD. Tetapi karena memang susah sekali didapatkan.

Saat ini, pihaknya terus berusaha untuk mendapatkan APD. Meskipun memang sulit, namun tenaga medis yang menangani pasien PDP mengaku sangat membutuhkannya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: