Pastikan Taati Imbauan Bupati, Beberapa Musala di Mundu Tetap Gelar Salat Berjamaah

Pastikan Taati Imbauan Bupati, Beberapa Musala di Mundu Tetap Gelar Salat Berjamaah

CIREBON - Camat Mundu Anwar Sadat memastikan wilayahnya menaati imbauan bupati Cirebon terkait ibadah selama bulan suci Ramadan, dengan melaksanakan ibadah di rumah masing-masing.

Dikatakan Anwar Sadat, wilayahnya sudah menaati imbauan bupati untuk beribadah di rumah masing-masing. “Saya pastikan semua masjid-masjid besar di berbagai desa di Kecamatan Mundu sudah tidak lagi melaksanakan salat di masjid tetapi di rumah masing-masing,” ujarnya kepada Radar Cirebon, kemarin.

Diakui Anwar Sadat, awalnya memang agak sulit untuk meminta warga tidak melaksanakan salat berjamaah di masjid untuk menghindari penyebaran wabah virus corona atau Covid-19. “Dari dulu baru kali ini ada imbauan tidak berjamaah di masjid untuk menghindari penyebaran Covid-19. Memang, awal-awal agak sulit,” tuturnya.

Namun, setelah Anwar mengumpulkan semua tokoh masyarakat, ulama dan pemuka agama di Kecamatan Mundu, akhirnya berbagai masjid sudah tidak lagi melaksanakan ibadah berjamaah di masjid. “Sudah kita kumpulkan MUI, tokoh masyarakat dan pengurus DKM se-Kecamatan Mundu. Lalu sudah sepakat dan mengerti mengenai imbauan agar ibadah Ramadan di rumah masing-masing,” ungkapnya.

Kendati demikian, lanjut Anwar, masih ada beberapa musala yang tetap melaksanakan salat secara berjamaah. “Iya, memang masih ada beberapa musala yang masih melaksanakan salat berjamaah, tetapi kebanyakan musala milik pribadi atau keluarga, mungkin secara bertahap akan kita berikan pengertian kepada warga,” ujarnya.

Pihaknya berharap, agar masyarakat bisa menaati imbauan bupati Cirebon untuk ibadah Ramadan di rumah masing-masing. “Imbauan ini bukan semata-mata untuk melarang, tetapi ini demi kemaslahatan bersama, agar kita bisa mencegah penyebaran Covid-19,” tuturnya. (den)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: