Bansos Seniman Belum Turun

Bansos Seniman Belum Turun

CIREBON– Disbudparpora Kabupaten Cirebon mengajukan sedikitnya 1.592 calon penerima bantuan sosial dari kalangan seniman yang menjadi salah satu sektor terdampak pandemi Covid-19 di Kabupaten Cirebon.

Ribuan nama calon penerima tersebut, sudah disampaikan ke pihak Dinsos Kabupaten Cirebon. Namun demikian, hingga saat ini belum ada informasi atau kabar baik terkait bantuan sosial tersebut, baik dari sumber di pusat, provinsi ataupun di Kabupaten Cirebon.

“Kita masih tunggu perkembangannya. Ribuan nama sudah kita setorkan. Saat ini, kita tunggu informasi lebih lanjut. Karena untuk kategori seniman ini, belum turun bantuan sosialnya,” ujar Kepala Disbudparpora Kabupaten Cirebon, H Hartono saat dihubungi Radar Cirebon, kemarin.

Pihaknya pun menepis berbagai isu dan kabar miring yang beredar terkait bantuan sosial untuk kalangan seniman tersebut yang sudah turun.

“Sekali lagi untuk seniman belum turun. Jadi, kalau di luar beredar kabar miring itu tidak benar. Biarkan saja. Bantuan ini kan ada mekanisme dan tahapannya,” imbuhnya.

Menurut Hartono, saat ini untuk bantuan sosial yang sudah turun baru untuk kalangan pelaku pariwisata saja. Di Kabupaten Cirebon, jumlah pelaku pariwisata yang menerima bantuan sosial dari Kemenparekraf sebanyak 571 penerima.

“Yang sudah turun baru untuk pelaku pariwisata saja. Jumlahnya 571 penerima,” jelasnya.

Terkait bansos untuk kalangan seniman, menurut Hartono, selain sebagian didata oleh Disbudparpora Kabupaten Cirebon, juga ada beberapa yang mendaftar online ke Ditjen Kebudayaan.

“Kalau yang lewat kita ada 1.592 calon penerima. Kalau yang data di luar kota mungkin banyak juga, karena ada yang daftar sendiri lewat online ke Ditjen Kebudayaan,” ungkapnya.

Sementara itu, salah satu pemerhati kebudayaan Cirebon, H Taufik saat dihubungi Radar Cirebon mengatakan, pihaknya dan beberapa seniman akan bahu-membahu untuk membantu seniman-seniman yang memang sangat membutuhkan. Hal ini untuk mengantisipasi lamanya proses verval di pemkab atau di pemerintah pusat terkait data calon penerima bantuan dari kalangan seniman tersebut.

“Sebagai bentuk kepedulian kami dari para seniman, kami rencananya akan berhimpun dan bahu-membahu untuk urunan membantu teman-teman pelaku seni yang kurang beruntung dan terdampak Covid-19,” pungkasnya. (dri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: