KT Merpati Putih Wujudkan Gombang Bersih

KT Merpati Putih Wujudkan Gombang Bersih

CIREBON - Kebersihan lingkungan merupakan salah satu program prioritas Karang Taruna (KT) Merpati Putih Desa Gombang Kecamatan Plumbon. Salah satu alasan yang mendasari yakni minimnya kesadaran warga untuk tidak membuang sampah sembarangan. Minimnya kesadaran juga dipicu tidak tersedianya lahan atau lokasi untuk membuang sampah.

Hal tersebut disampaikan ketua Karang Taruna Merpati Putih Azis Muslim. Menurutnya, selama bertahun-tahun persoalan sampah belum bisa dijawab dan dicarikan solusinya. Masalah tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi generasi muda khususnya karang taruna untuk berkiprah dan berupaya menyelesaikan permasalahan tersebut.

\"Kami berkoordinasi dan sharing ide dengan Pemerintah Desa Gombang untuk mengatasi masalah sampah, karena di Desa Gombang belum tersedia lokasi pembuangan sampah. Selama ini warga membuang sampah di saluran irigasi, sungai, dan tanah kosong yang tidak terurus,\" terang Azis.

Hal senada disampaikan humas karang taruna Merpati Putih, Kodir. Kebiasaan masyarakat tersebut justru sangat menggangu ketika musim hujan yang mengakibatkan tempat tersebut kumuh dan rawan banjir. Setelah mendapat dukungan pemerintah desa, pengurus dan anggota karang taruna kemudian melakukan langkah-langkah sosialisasi ke setiap RT dan warga.

Area atau lokasi yang pertama menjadi sasaran sosialisasi adalah daerah aliran sungai yang berada di blok Kalianyar dan Sumurguling. Program bersih sampah mendapat respons positif dari warga, dan sekarang sudah hampir setengah warga desa Gombang mengikuti program tersebut.

\"Diharapkan sampai akhir tahun program ini bisa diikuti seluruh warga desa Gombang,\" pungkasnya. (iim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: