Banjir Rob Masih akan Terjadi, Air Laut Pasang Naik ke Daratan

Banjir Rob Masih akan Terjadi, Air Laut Pasang Naik ke Daratan

CIREBON - Sejumlah kawasan pemukiman di RW 10 Pesisir Utara Kelurahan Panjunan kembali tergenang pasang air laut atau rob, Selasa (2/6). Kejadian ini, diperkirakan akan terjadi hingga beberapa hari ke depan.

Berdasarkan pantauan Radar Cirebon, di Pesisir Utara Panjunan, air pasang mulai naik sekitar pukul 15.00 WIB. Permukaan air di Kali Sontong yang membelah kawasan Pesisir Utara dan Gang Empang Kelurahan Kebon Baru naik dan menyentuh permukaan jembatan.

Setelah itu, air mulai menggenangi jalan dan pemukiman melalui selokan selokan warga yang dibuang ke Kali Sontong.

Salah satu warga yang berada di RT 03 RW 10 Pesisir Utara, Sura menuturkan, rob merupakan fenomena tahunan yang kerap terjadi. Namun, yang terjadi kali ini lebih besar dibandingkan tahun tahun sebelumnya. \"Kalau sekarang termasuk yang paling besar. Karena sebelumnya tidak sampai masuk ke rumah saya,\" ungkap Sura, kepada Radar Cirebon.

Sura melanjutkan, rob biasanya akan terjadi saat bulan purnama. Sehingga, diperkirakan rob masih akan menggenang hingga beberapa hari ke depan. \"Sekarang kan belum bulan purnama. Ya kemungkinan sampai 4 hari lagi masih ada rob,\" ujarnya.

Rendahnya permukaan jalan dibandingkan dengan permukaan Kali Sontong menyebabakan air rob mudah masuk dan menggenangi pemukiman warga. Ia pun berharap agar permukaan jalan di Gang Sontong bisa segera ditinggikan.

\"Kalau tidak ditinggikan ya airnya gampang masuk. Kalau tergenang begini kan, kalau ada motor lewat saja gelombangnya air nya bikin masuk ke rumah,\" tuturnya.

Ketua RW 10 Pesisir Utara Kelurahan Panjunan, Suwarjono menambahkan, air kembali menggenang rumah warga Selasa sore (2/6) di RT 03, 04, 08 dan 09. Daerah yang cukup langganan terdampak rob.

\"Kali ini ketinggianya sekitar 30 cm. Sudah terlihat sejak sore dan baru surut sekitar pukul 19.00 WIB,\" kata Jono.

Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Kota Cirebon melaporkan, di RW 10 Panjunan tinggi muka air antara 20-30 centimeter. Kemudian baru surut sekitar pukul 19.00 WIB. Atas kemungkinan banjir rob berulang, KPBD mengimbau warga untuk siaga. (awr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: