Banjir Rob Merata di Pesisir Kota Cirebon

Banjir Rob Merata di Pesisir Kota Cirebon

CIREBON– Tiga hari terakhir, banjir rob merendam permukiman warga di kawasan pesisir Kota Cirebon. Ratusan rumah warga di Kampung Pesisir, Cangkol dan Kesunean terdampak. Selain itu, jalan jalan kampung juga ikut tergenang.

Warga bahkan menutup akses jalan untuk menghindari terjadinya sapuan gelombang kendaraan. Genangan dengan tinggi hampir 40 cm itu, selain mengganggu aktivitas warga, juga mengotori rumah mereka. Apalagi, genangan air nyaris setiap sore hingga malam hari masuk ke kawasan permukiman.

Berdasarkan pantauan Radar Cirebon, di sekitar aliran Sungai Cipadu, perbatasan RW 07 Kesunean Utara Kelurahan Kasepuhan dengan RW 06 Cangkol Selatan, air mulai pasang pada sore hari.

Hal yang sama juga terlihat di sekitar di Pesisir Utara Panjunan, air pasang mulai naik sekitar pukul 15.30 WIB. Permukaan air di Kali Sontong yang membelah kawasan Pesisir Utara dan Gang Empang Kelurahan Kebon Baru terlihat mulai naik dan menyentuh permukaan jembatan. Setelah itu, air mulai menggenangi jalan dan pemukiman melalui selokan selokan warga yang mengarah ke Kali Sontong.

Ketua RW 07 Kesunean Utara, Sukarya mengatakan, banjir rob yang terjadi menyebabkan setidaknya 120 rumah warga yang tergenang. Rob mengakibatkan 4 RT yakni RT 05, 06, 07, 08 tergenang banjir setinggi 30 cm.

\"Aktivitas warga untuk keluar masuk kampung menjadi terganggu. Air masuk ke sebagian rumah warga khususnya yang dekat pantai,\" kata Sukarya, kepada Radar Cirebon.

Rob di kawasan ini, kata dia, sudah menjadi fenomena tahunan. Namun, untuk tahun ini, bisa dikatakan yang paling besar. \"Banjir sudah berlangsung selama 3 hari ini. Biasanya mulai jam 3 sore sampai jam 9 malam. Nanti surut sendiri\" tuturnya.

Sementara itu, Menurut ketua RW 10 Pesisir Utara Kelurahan Panjunan, Suwarjono, di wilayahnya, air menggenangi rumah rumah warga di RT 03, 04, 08 dan 09. Akibatnya, setelah air surut, wargapun langsung bersih bersih dari sisa genangan.

\"Kali ini ketinggianya sekitar 30 cm. Setelah surut, warga langsung membersihkan rumahnya masing masing,\" kata Jono.

Dilaporkan rob juga menggenangi Kampung Karanganom, Kelurahan Pegambiran. Air sampai masuk ke rumah warga dan baru surut menjelang tengah malam. (awr)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: