Tes Swab Masal Perdana Kota Cirebon, Sasar Nakes Puskesmas

Tes Swab Masal Perdana Kota Cirebon, Sasar Nakes Puskesmas

CIREBON - Tes masal dengan metode swab test mulai dilakukan di kota Cirebon. Rabu pagi (17/6), di gedung Pusdiklat BKKBN. Ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19

Pada hari pertama swab test masal ini, sasarannya adaah puluhan tenaga kesehatan dari Puskesmas-puskesmas di Kota Cirebon. Mereka bergiliran untuk diambil spesimen cairan saluran pernafasannya oleh petugas dengan APD lengkap.

Kepala bidang pencegahan dan pengendalian penyakit Dinkes Kota Cirebon Tri Mulyaningsih MKM menjelaskan, swab tes masal mulai dilakukan pihaknya secara bertahap. Untuk dia hari pertama, sasarannya adalah nakes dari puskesmas-puskesmas.

“Setiap harinya, kuota peserta swab tes ini kita targetkan 120-125 orang. Hari ini sampai besok yang diambil swab dari kalangan nakes dulu. Nanti selanjutnya bertahap berdasarkan sasaran yanf siap dan sudah dipetakan,” ujar Tri.

Selain itu, kata dia, jari pertama swab test masal ini juga mengikutsertakan tiga orang yang reaktif rapidtest yang sehari sebelumnya digelar dengan peserta dari kalangan pegawai Setda Pemkot Cirebon, pemuka agama, anak buah kapal, pelaku perjalanan, dan kalangan lain sebagainya.

Selanjutnya, sasaran lainya adalah kalangan maupun kawasan-kawasan yang telah dipetakan sebelumnya, termasuk lokasi tempat keramaian dan fasilitas umum seperti pasar tradisional dan pusat perbelanjaan. (azs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: