Vakum 2 Bulan karena PSBB, Kini Bus Antar Kota Sudah Mulai Beroperasi

Vakum 2 Bulan karena PSBB, Kini Bus Antar Kota Sudah Mulai Beroperasi

CIREBON - Sejumlah armada bus antarkota sudah mulai beroperasi melayani penumpang, setelah hampir dua bulan vakum karena pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Beroperasinya kembali armada bus antar kota ini, tetap mesti menerapkan protokol kesehatan.

Salah satunya PO Primajasa, yang melayani trayek Ciledug-Cirebon-Bekasi, Kuningan-Cirebon-Bekasi, dan Kuningan-Cirebon-Lebakbulus. Tidak ada syarat khusus yang mewajibkan penumpang yang ingin naik harus negatif rapidtes atau swabtes seperti yang diterapkan pada calon penupang kereta. Hanya ditekankan skrining kesehatan dasar yang sederhana.

Setiap kru armada bus yang hendak menarik penumpang, mesti dalam kondisi sehat. Pengelola juga mewajibkan para kru maupun calon penumpang ketika hendak masuk ke bus agar menjalani pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan suhu tubuh, serta memakai masker selama perjalanan.

Setiap armada yang hendak berangkat dari pool pemberangkatan dibersihkan dan disemprot cairan antiseptik. Setiap pemberangkatan bus juga dibekali hand sanitizer. Para penumpang yang diangkut juga dibatasi hanya separuh dari kapasitas tempat duduk yang ada di tiap unit armada.

Kepala pengurus PO Primajasa wilayah Cirebon-Kuningan Rahman menjelaskan, mulai mengoperasikan kembali armadanya sejak Juni lalu. Atau setelah ada lampu hijau dari pemerintah terkait pelonggaran operasional armada bus antar kota.

Menurutnya, selama masa PSBB di ibu kota maupun pada daerah-daerah di Jawa Barat, armadanya libur beroperasi hampir 2 bulan. “Kita sempat vakum sejak 23 April, atau H-1 puasa, hingga terakhir bisa kembali beroprasi tanggal 8 Juni,” ujar Rahman, Sabtu (20/6). (azs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: