Jawa Timur, Provinsi dengan Tingkat Kematian Tertinggi Covid-19 di Indonesia

Jawa Timur, Provinsi dengan Tingkat Kematian Tertinggi Covid-19 di Indonesia

JAKARTA - Jawa Timur mencatatkan diri sebagai provinsi dengan tingkat kematian tertinggi pada kasus virus corona di Indonesia atau 7,5 persen. Disusul Sumatera Utara 6,4 persen dan Kalimantan Selatan 6,4 persen.

Kepala Pusat Data dan Informasi Kemenkes Didik Budijanto juga menunjukkan prosentase kematian akibat virus Corona. Slide presentasi yang disampaikan Didik adalah data hingga hari Jumat (19/6) dan sebelum pemerintah mengumumkan tambahan kasus virus Corona.

Di slide yang dipaparkan, prosentase kematian di DKI Jakarta akibat virus Corona sebesar 6,0% atau 5 terbesar se-Indonesia. Berikut angka prosentase kematian di 10 provinsi terbanyak:

  1. Jawa Timur: 7,5%
  2. Sumatera Utara: 6,4%
  3. Kalimantan Selatan: 6,4%
  4. Jawa Barat: 6,1%
  5. DKI Jakarta: 6,0%
  6. Banten: 5,9%
  7. Jawa Tengah: 5,8%
  8. Sumatera Selatan: 3,9%
  9. Sulawesi Selatan: 3,4%
  10. Papua: 0,5%

\"Meskipun kalau tadi di dalam gambar Jakarta lebih banyak (kasus virus Corona), tetapi dari sisi case fatality rate-nya, ranking ke berapa itu, sangat rendah dibanding dengan Jawa Timur. Jawa Timur yang paling tinggi,\" kata Didik.

Di samping data yang disampaikan Kemenkes, DKI Jakarta saat ini memasuki fase pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi.

Sejumlah sektor sudah dibuka bertahap dengan ketentuan harus menerapkan protokol kesehatan. (yud/antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: