Tahapan Pilkada Indramayu 2020, Verfak Pendukung Calon Independen Terus Bergulir

Tahapan Pilkada Indramayu 2020, Verfak Pendukung Calon Independen Terus Bergulir

INDRAMAYU - Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020. Saat ini verifikasi faktual (verfak) yang dilakukan KPU Indramayu terus bergulir.

Petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) mendatangi satu per satu orang yang ada dalam daftar data dukungan calon Bupati dan Wakil Bupati perseorangan Toska (Toto Sucartono-Deis Handika), Kamis, (2/7).

\"Dari 120.452 data dukungan calon Bupati dan Wakil Bupati perseorangan Toska yang diverifikasi faktual oleh PPS, kami optimis untuk estimasi pencapaian hari ke-6 (Kamis, 2/7) ini kurang lebih 80 persen dari persyaratan,\" ujar Rakhmat Haryanto selaku LO dari Toska.

Rakhmat memaparkan, salah satu kendala yang dihadapi simpatisan Toska, orang yang masuk daftar data dukungan ketika diverifikasi oleh PPS ada pada jam kerja. Sehingga sebagian statusnya tidak dapat ditemui.

Maka dari itu, menjadi tanggung jawab LO kecamatan maupun di desa agar dapat menghadirkan orang yang belum ditemui itu supaya bisa diverifikasi langsung.

\"Ini memang yang menjadi perhatian kita semua di Timses Toska. Mengingat verfak lebih banyak dilakukan saat jam kerja. Sehingga banyak yang tidak bisa ditemui. Kita meminta LO untuk mulai melakukan inventarisir pendukung yang masih memungkinkan untuk dikumpulkan agar bisa datang ke sekretariat PPS atau yang lewat video call. Sehingga bisa meminimalisir jumlah orang yang tidak bisa ditemui,\" papar Rakhmat kepada Radar Cirebon.

Lebih lanjut, Rakhmat mengeluhkan salah satu yang menjadi kendala selama masa verfak ini adalah bagi pendukung yang tidak memiliki Handphone berbasis Android atau nomor whatsApp. Sehingga akan dianggap tidak mendukung, apabila sampai batas akhir verfak tidak bisa dihadirkan.

\"Meski cukup berat tantangannya, tetapi secara kumulatif progres kita cukup positif dan jumlah orang yang tidak dapat ditemui secara presentase masih aman. Kami yakin akan bisa memenuhi jumlah minimal dukungan pasca verfak 87.959 yang ditetapkan KPU. Kami optimis Toska pasti lolos menjadi calon independen dalam Pilbub Indramayu 2020 ini,\" tandasnya. (jml/mgg)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: