Kadin Jawa Barat Bangkitkan Ekonomi Dimulai dari UMKM

Kadin Jawa Barat Bangkitkan Ekonomi Dimulai dari UMKM

CIREBON - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Jawa Barat mendukung langkah pemerintah dalam menerima bangkitnya kembali perekonomian. Sektor pertama yang mesti dikatrol untuk bangkit adalah UMKM.

Hal tersebut disampaikan Ketua Kadin Provinsi Jawa Barat H Tatan Pria Sudjana, saat menyalurkan paket bantuan kepada ratusan pelaku sektor UMKM di Kota Cirebon, Sabtu (8/7).

Tatan menjelaskan, Kadin Jabar bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah merumuskan sejumlah strategi kebijakan dalam mendorong kembali bangkitnya sektor perekonomian yang dimulai dari UMKM ini.

Menurutnya, UMKM adalah grass root (akar rumput) dari dunia perekonomian. Ibarat sebuah ladang yang saat ini sedang tandus akibat badai pandemi, UMKM adalah akar rumputnya. Untuk pemulihan ladang tersebut menjadi kembali hijau dan asri, maka perlu disiram dengan nutrisi pupuk yang dibutuhkan.

Setelah itu, rumput-rumput mulai kembali tumbuh dan berkembang. Ketika rumputnya sudah mulai asri, maka tumbuhan-tumbuhan di sekitarnya akan mulai bermunculan. Bahkan, pohon investasi juga akan tertarik untuk ditanamkan di ladang tersebut.

“Oleh seban itu, kami menyalurkan stimulan bantuan paket sembako kepada masing-masing 300 pelaku UMKM di 27 kabupaten/kota. Ada juga 1.009 paket nasi bungkus per daerah yang akan dibagikan kepada masyarakat terdampak,” ujarnya.

Selain itu, bagi para pelaku UMKM ada program kredit ringan layanan bank BJB. Bisa diakses sebagai permodalan untuk membangkitkan lagi usaha mereka.

Sementara itu, Ketua Kadin Kota Cirebon H Yuyun Wahyu Kurnia mengapresiasi adanya program dari pemerintah dan Kadin Jawa Barat yang menstimulasi para pelaku UMKM di Kota Cirebon. Karena mayoritas para pelaku UMKM di mana pun terdampak dengan adanya pandemi ini, termasuk di Kota Cirebon. (azs)

https://youtu.be/BjiqmEZ04qk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: