Kemen PUPR Rehabilitasi Jaringan Rentang DAS Cimanuk

Kemen PUPR Rehabilitasi Jaringan Rentang DAS Cimanuk

INDRAMAYU - Kementerian PUPR melalaui Ditjen Sumber Daya Air (SDA) membangun modernisasi jaringan irigasi rentang dan program padat karya di Kabupaten Indramayu. Hal itu sebagai upaya mewujudkan efisiensi penggunaan sumber daya air yang tersedia di Daerah Aliran Sungai (DAS) Cimanuk.

Bendung Rentang mengairi areal pertanian seluas 88.000 Ha. Rehabilitasi Irigasi Rentang diharapkan akan meningkatkan intensitas penanaman (IP) dari 130 persen menjadi 200 persen.

Rehabilitasi dan modernisasi Irigasi Rentang ini ditarget selesai tahun 2023. Dananya dari loan dan ada 9 paket Rentang Irrigation Modernization Project.

\"Anggarannya sebesar Rp 2,9 triliun. Kontraknya baru dimulai bulan Juni,\" kata Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR Ir. Jarot Widyoko kepada radarcirebob.com saat meninjau proyek rehabilitasi dan modernisasi Irigasi Rentang di Desa Tudana, Kabupaten Indramayu, Kamis (6/8) lalu.

Selain rehabilitasi dan modernisasi irigasi Rentang, Joko menuturkan, Kementerian PUPR juga melaksanakan lapangan pekerjaan bagi warga dengan program padat karya.

\"Jadi selama dua bulan yang bekerja adalah warga dalam program padat karya bagi warga terdampak Covid-19 ada juga petani yang menunggu panen. Kalau kami hitung 900 orang sehari dikali dua bulan, jadi penyerapan y kerja sebanyak hampir 63 an ribu orang,\" tuturnya.

Sementara itu, Kepala Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung (BBWS Cimancis), Ismail Widadi menuturkan, berupaya semaksimal mungkin menyelesaikan proyek tersebut.

\"Upaya kami ya memenuhi apa yang sudah disepakati dalam kontrak sebaik-baiknya. Semaksimal mungkin kami bisa lebih cepat. Karena memang kita dituntut cepat oleh Presiden melalui menteri PUPR,\"tuturnya. (rdh/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: