KAI Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan, Sediakan Layanan Rapid Test Terjangkau

KAI Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan, Sediakan Layanan Rapid Test Terjangkau

CIREBON - PT KAI bekerja sama dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) telah menyediakan layanan Rapid Test Covid-19 dengan harga terjangkau di Stasiun Cirebon.

Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Luqman Arif mengungkapkan, tercatat selama 23 hari mulai 30 Juli sampai dengan 21 Agustus 2020, terdapat 2.961 calon penumpang yang menggunakan layanan rapid test. Artinya jika dirata-ratakan, maka 128 calon penumpang menggunakan layanan rapid test setiap harinya.

“Bagi masyarakat yang akan melakukan rapid test di stasiun diimbau melakukan satu hari sebelum perjalanan, dan datang di stasiun mininal 30 menit sebelum jam keberangkatan,” ungkapnya

Baca juga:

Daop 3 Cirebon Operasikan 74 Kereta Api selama Libur Tahun Baru Islam

Banyak Pelajar di Kabupaten Cirebon Terpapar Covid-19

Luqman menegaskan, PT KAI tetap berkomitmen menjalankan protokol kesehatan dengan ketat dalam perjalanan. Seperti menyaratkan surat keterangan bebas Covid-19, wajib memakai masker, suhu tidak melebihi 37,3 derajat, dalam kondisi sehat (tidak demam, batuk, flu, dan sesak napas), serta mengimbau pelanggan untuk memakai pakaian lengan panjang.

\"Penumpang KA Jarak Jauh juga diharuskan mengenakan Face Shield selama dalam perjalanan hingga meninggalkan area stasiun tujuan. Bagi penumpang dewasa, Face Shield akan disediakan KAI. Sedangkan penumpang dengan usia di bawah 3 tahun (infant) agar membawa Face Shield pribadi,\" ucapnya

Masih kata Luqman, petugas akan berkeliling untuk memastikan pemakaian face shield dan masker oleh pelanggan selama dalam perjalanan. Setiap 3 jam sekali, petugas akan melakukan pemeriksaan suhu tubuh pelanggan.

\"Jika ada pelanggan yang suhu tubuhnya di atas 37,3 serta memiliki gejala batuk, flu, atau sesak napas, maka pelanggan akan dievakuasi ke ruang isolasi yang telah kami sediakan di kereta untuk ditindaklanjuti di stasiun berikutnya,\" katanya.

Menurut Luqman, PT KAI juga rutin melakukan pembersihan dengan cairan yang mengandung disinfektan pada fasilitas di stasiun dan kereta. Area yang sering tersentuh oleh pelanggan juga setiap 30 menit sekali dibersihkan oleh petugas untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Sementata itu, selama libur Tahun Baru Islam dan cuti bersama PT KAI Daop 3 Cirebon mengoperasikan 74 KA. Diharapkan bisa mengakomodasi masyarakat yang memilih kereta api sebagai mobilitas selama liburan.

“Penambahan perjalanan KA ini, diharapkan dapat meningkatkan konektivitas dan mobilitas masyarakat dalam rangka pemulihan ekonomi nasional dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” pungkanya. (rdh)

https://www.youtube.com/watch?v=HiuJ1yELW7Q
https://www.youtube.com/watch?v=6KHqFkb-hEY

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: