Manfaatkan Peluang, Maksimalkan Potensi Diri

Manfaatkan Peluang, Maksimalkan Potensi Diri

CIREBON-Memaksimalkan potensi diri dan memanfaatkan peluang yang ada, harus ada pada diri seorang calon entrepreneur. Selain itu, tidak gampang menyerah dan ulet, menjadi fondasi bagi seseorang yang mau menjadi pengusaha.

Itulah yang disampaikan Owner Surya Shuttle, H Zaenal Mutaqin saat menjadi pembicara dalam Pelatihan Peningkatan Kader Karang Taruna Kelurahan Kesenden yang mengusung tema “Terbentuknya Jiwa dan Semangat Kejuangan Generasi Muda yang Terampil Berkepribadian serta Berpengetahuan”, Selasa (25/8).

Suami Ketua DPRD Kota Cirebon, Hj Affiati SPd ini membeberkan, bahwa yang paling sulit adalah memulai.

Terkadang orang banyak ingin menjadi pengusaha, tetapi memulainya tidaklah gampang. Ada yang beralasan terbentur modal, ada pula yang memang tidak siap dengan risiko. Imbasnya, cita-cita menjadi pengusaha itu hanya jadi angan-angan saja.

Cobaan lainnya, kalau pun sudah memulai usaha, kemudian usaha yang dijalankan tidak berbanding lurus atau tidak sesuai ekspektasi dan harapan, maka orang tersebut undur diri. Padahal, untuk jadi seorang pengusaha, fase itu harus dilalui.

“Dalam pikiran kita, jadi pengusaha itu enak. Banyak untungnya. Tapi, kadang kita tidak menyiapkan diri jika sewaktu-waktu gagal atau pendapatan tidak sesuai harapan. Nah, kalau kita menyerah di sini, ya selesailah. Tapi kalau kita siap dan bangkit lagi, insya Allah sukses itu di depan mata,” tandasnya di depan puluhan anggota dan pengurus Karang Taruna Kelurahan Kesenden.

Oleh karena itu, H Zaenal mengajak para anggota Karang Taruna untuk memaksimalkan potensi diri. Apa yang bisa diperbuat, lakukan. Dari usaha kecil-kecilan, jika ditekuni dengan sungguh-sungguh, maka akan berkembang. Bahkan menjadi besar. 

Selain H Zaenal Mutaqin, tampil juga sebagai pembicara Sekretaris Komisi Penanggulangan HIV/AIDS (KPA) Kota Cirebon, Sri Maryati SPd MA.

Sementara itu, Lurah Kesenden, Wawan Kriswanto SPd menyampaikan, kegiatan pelatihan yang dilaksanakan, untuk memperbanyak wawasan dan pengetahuan para anggota Karang Taruna, khususnya dalam bidang bisnis.

“Harapannya, pelatihan ini akan bisa membuka cakrawala pemikiran dan wawasan rekan-rekan Karang Taruna untuk memulai bisnis bagi yang belum melaksanakannya. Atau  membuat semakin semangat bagi yang sudah menjalani bidang usaha,” pungkasnya. (war/rls)

https://www.youtube.com/watch?v=ztTvXUYxKVk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: