Perhatikan Kesehatan Gigi saat Pandemi

Perhatikan Kesehatan Gigi saat Pandemi

CIREBON - Kekhawatiran untuk melakukan konsultasi ke rumah sakit meningkat di era pandemi. Apalagi untuk melakukan konsultasi dengan dokter gigi.

Kekhawatiran akan droplet yang menyebarkan virus corona diseasea 2019 (Covid-19) menjadi hal yang ditakuti masyarakat.

drg Wisynu Muliawan menuturkan, di era pandemi ini memang tak sedikit dokter gigi juga THT yang berhenti sementara melakukan praktik. Namun beberapa di antaranya mulai buka dengan protokol kesehatan yang ketat dan penggunaan APD yang lengkap.

Meski masih ada sebagian pasien yang khawatir, tapi sebagian lainnya sudah mulai ada yang berani untuk melakukan konsultasi dan lainnya. \"Memang cek kesehatan gigi sangat dianjurkan setiap 6 bulan sekali,\" ungkapnya.

Baca juga:

Terapkan Layanan lewat Online, Cangkingan Jadi Desa Digital Pertama di Indramayu

Heboh Warga di Bali Tiba-tiba Kehilangan Penciuman

Pelanggar Masker Dihukum Berdoa di Kuburan Korban Covid-19

Ia menjelaskan, dalam menjaga kesehatan gigi, sejak anak usia 6 tahun atau sudah tumbuh gigi dewasa, cek kesehatan gigi ke dokter memang sangat dianjurkan. Hal ini untuk melihat karang gigi dan lainnya.

\"Saat ini mungkin masih banyak yang menunda, tapi tentu perawatan gigi rutin seperti menggosok gigi dan menggunakan obat kumur misalnya harus selalu dilakukan,\" ungkapnya.

Penggunaan obat kumur sendiri efektif membunuh virus atau bakteri di mulut. Hal ini tentu bisa memaksimalkan sikat gigi.

Jika tidak bisa menggunakan obat kumur karena aroma yang kuat, maka bisa beralih menggunakan yang alami. \"Bisa gunakan air hangat dan sedikit garam untuk kumur-kumur,\" terangnya. (apr)

https://youtu.be/wSGqHX4kv0Y

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: