Ok
Daya Motor

Keluarga Pasien Kritik Layanan Humas BPJS RSUD Waled, Publik Tunggu Evaluasi Manajemen

Keluarga Pasien Kritik Layanan Humas BPJS RSUD Waled, Publik Tunggu Evaluasi Manajemen

Ruang pelayanan BPJS Kesehatan di RSUD Waled, Kabupaten Cirebon. -Dokumen Pribadi -

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Waled kembali menuai sorotan.

Terutama perihal pelayanan Hubungan Masyarakat (Humas) BPJS Kesehatan yang menjadi garda terdepan dalam komunikasi dengan pasien dan publik pada umumnya.

Salah satu keluarga pasien, R Hamzaiya SH mengungkapkan rasa kecewanya atas minimnya etika pelayanan dari Humas BPJS Kesehatan RSUD Waled dalam memberikan penjelasan kepadanya.

"Kami tidak diberi perhatian, jawaban yang diberikan tidak jelas. Bahkan, merasa diperlakukan dengan nada meremehkan."

BACA JUGA:Sarasehan Hari Guru Nasional 2025: Wakil Walikota Cirebon Dorong Digitalisasi Pendidikan

BACA JUGA:Musim Hujan 2025-2026 Diprediksi Ekstrem, BPBD Jabar Keluarkan Peringatan Dini

"Situasi ini menimbulkan ketidaknyamanan dan berpotensi menurunkan tingkat kepercayaan publik terhadap rumah sakit tersebut," ucapnya kepada radarcirebon.com, Rabu 3 Desember 2025 saat sedang mengantarkan istrinya yang sedang sakit dan membutuhkan perawatan medis di RSUD Waled.

Menurutnya, Humas merupakan wajah institusi, sehingga standar pelayanan dan profesionalitas harus benar-benar dijaga.

“Bagian humas itu berhubungan langsung dengan masyarakat. RSUD Waled harus melakukan evaluasi menyeluruh agar kejadian serupa tidak terjadi lagi,” tuturnya.

Ia menambahkan, dalam konteks pelayanan publik, terutama yang bersentuhan dengan program BPJS Kesehatan yang digunakan oleh mayoritas masyarakat, sikap menghargai pasien dan keluarga pasien bukan sekadar etika, tetapi bagian dari tanggung jawab sosial rumah sakit.

BACA JUGA:Gerbang Menuju Energi Baru: 3 Shio Paling Hoki Desember 2025 Menjelang Tahun Kuda Api 2026

BACA JUGA:Innalillahi, Aktor Preman Pensiun Epy Kusnandar Meninggal Dunia

“Masyarakat datang membawa harapan dan keresahan, bukan untuk diperlakukan secara tidak serius."

"Tugas humas adalah menjelaskan, menenangkan, dan membantu, bukan memperumit atau memperburuk keadaan,” lanjutnya.

Cek Berita dan Artikel lainnya di Google News

Sumber: reportase

Berita Terkait