Soal Pemilu 2024, Kemendagri: Pemerintah, KPU, Bawaslu dan DKPP Sudah On

Soal Pemilu 2024, Kemendagri: Pemerintah, KPU, Bawaslu dan DKPP Sudah On

Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.-Bawaslu Bulakamba-Bawaslu

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memastikan penyelenggaraan Pemilu 2024 dilaksanakan sesuai jadwal.

Kepastian ini disampaikan Kemendagri guna meluruskan sejumlah isu yang membayangi penundaan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun depan.

BACA JUGA:Inilah Penyebab Mantri Suhendi Suntikkan Cairan Beracun ke Punggung Kades Curuggoog

Dalam keterangan tertulisnya, Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri, Bahtiar pada Kamis 16 Maret 2023 mengatakan pemerintah beserta Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), maupun Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), dalam tiga tahun terakhir telah menyiapkan semuanya untuk penyelenggaraan Pemilu 2024.

"Kesimpulannya, semua penyelenggara negara di luar KPU (Komisi Pemilihan Umum), Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu), dan DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) sudah 'on' (siap) semua. Kira-kira begitu," ujar Bahtiar.

BACA JUGA:Jasad Remaja Ditemukan di Sungai Cisanggarung Desa Pasuruan Cirebon, Ini Ciri-cirinya

Menurut Bahtiar, KPU telah melakukan rekrutmen penyelenggara pemilu di level kecamatan dan kelurahan untuk menyukseskan pemilu.

Bahtiar memaparkan empat indikator dalam mencapai penyelenggaraan pemilu yang sukses. Pertama, pemilu berjalan aman dan lancar.

Untuk mendukung hal ini, Bahtiar mengatakan Kemendagri telah melakukan rapat-rapat bersama TNI/Polri serta Kejaksaan Agung untuk mendukung keamanan Pemilu.

BACA JUGA:Promo Ramadan Galaxy Furniture, Banyak Penawaran Menarik Produk Home Living

Kedua, partisipasi publik. Untuk menghadirkan partisipasi publik, Kemendagri secara rutin menggelar webinar guna mengajak seluruh komponen masyarakat menyukseskan Pemilu 2024. Kegiatan tersebut telah dilakukan empat bulan terakhir.

Ketiga, penyelenggaraan pemilu tidak memicu konflik sebagaimana yang disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) M.Tito Karnavian.

Dalam hal itu, Bahtiar menyampaikan pers berperan mencegah kemunculan konflik dalam pemilu.

BACA JUGA:Promo Ramadan Galaxy Furniture, Banyak Penawaran Menarik Produk Home Living

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase