Pertandingan Sudah Tuntas, MU Dapat Penalti karena VAR, Kok Bisa?

Minggu 27-09-2020,07:30 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

MANCHESTER United kembali dapat julukan varchester united gara-gara kembali dibantu VAR di laga melawan Brighton Hove Albion. Kali ini, penalty mengundang perdebatan karena laga sudah tuntas.

Perdebatan terjadi di media sosial. Pertanyaannya, apakah bisa VAR membatalkan laga yang sudah habis dan melanjutkan laga sesuai peristiwa terakhir?

Jawabannya adalah iya. Momen hand ball Maupay terjadi sebelum peluit panjang dibunyikan wasit. Artinya, pelanggaran yang tercipta masih dalam pertandingan, dan VAR bisa atau berhak meninjaunya kembali sebab tak ada batasan waktu.

Baca Juga: 2 Anak Punk Cantik Terjaring Razia Satpol PP Kabupaten Cirebon

Setelah ditinjau, maka wasit berhak melanjutkan pertandingan sesuai hukum pertandingan yang berlaku. Dengan situasi itu, maka MU bisa mendapat penalti, dengan melanjutkan pertandingan lagi.

\"Proses peninjauan harus diselesaikan seefisien mungkin, tetapi akurasi keputusan akhir tetap lebih penting daripada kecepatan. Untuk alasan ini, dan karena beberapa situasi rumit dengan beberapa keputusan / insiden yang dapat ditinjau, tidak ada batas waktu maksimum untuk proses review,\" tulis pernyataan IFAB.

\"Wasit kemudian bisa mengambil/mengubah/membatalkan setiap tindakan disipliner (jika sesuai) dan memulai kembali permainan sesuai dengan Hukum Permainan,\" jelas pernyataan IFAB. (yud)

2

Tonton video berikut:

https://youtu.be/HOW95hkRObE
https://youtu.be/nT3H4-GFxJo
Tags :
Kategori :

Terkait