Wilayah Ciayumajakuning Waspada Angin Kencang 50-60 Kilometer/Jam

Minggu 04-10-2020,14:50 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

CIREBON - Diprediksi terjadi peningkatan kondisi kecepatan angin sedang hingga kencang di wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan).

Potensi peningkatan kecepatan angin terjadi hari ini Munggu (4/10/2020) dan besok Senin (5/10/2020) disebabkan oleh adanya perbedaan tekanan udara yang cukup signfikan di wilayah Utara dan Selatan ekuator.

Terbentuknya pusat tekanan rendah di wilayah Utara equator tersebut mencapai 998 hPa, sedangkan di wilayah selatan ekuator mulai terbentuk pusat tekanan tinggi (1037 hPa).

Perbedaan tekanan yang cukup signifikan tersebut berpengaruh pada peningkatan kecepatan angin di wilayah Ciayumajakuning.

Baca Juga: Unik, Ada Goa Tersembunyi di Tengah Kota Cirebon

Kemudian ada pendukung faktor lokal Gunung Ciremai (Angin Kumbang)  sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan kecepatan angin. 

Berdasarkan hasil pengamatan hari ini dari BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati arah kecepatan angin umumnya dari arah Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan maksimum mencapai 56 km/Jam.

2

Kondisi peningkatan kecepatan angin di wilayah juga diprakirakan dapat mencapai nilai maksimum hingga 60 km/jam.

Masyarakat diimbau agar lebih waspada dan berhati-hati terhadap dampak secara langsung maupun tidak langsung yang dapat ditimbulkan seperti debu, pohon tumbang dan kebakaran lahan/hutan. (yud)

Tags :
Kategori :

Terkait