Masak Lontong Ditinggal ke Warung, Dapur Rumah Warga Sumber Kidul Terbakar

Kamis 20-05-2021,18:45 WIB
Reporter : Husain Ali
Editor : Husain Ali

CIREBON - Dapur rumah di Desa Sumber Kidul, Kecamatan Babakan, Kabupaten Cirebon, terbakar pada Rabu (19/3) sekitar pukul 11.40 WIB. Diketahui rumah itu milik Ipah.

Peristiwa itu bermula ketika Ipah sedang memasak lontong di dapur rumahnya dengan menggunakan tungku. Sambil memasak, Ipah juga mengerjakan aktivitas lainnya.

Ia kemudian pergi ke warung hendak membeli sesuatu. Tak disangka, api dari tungku itu merembet dan membakar seisi dapur.

“Kebakaran diketahui pertama oleh warga setempat. Masyarakat yang melihat adanya kepulan asap tebal di rumah Ipah langsung cek. Ternyata kabakaran,” kata Kadis Pemadam Kebakaran Kabupaten Cirebon Abdullah Subandi melalui Kasi Tanggap Darurat Eno Sujana.

Saksi kemudian memberitahukan warga setempat, termasuk pemilik rumah yang sedang ke warung. Ipah yang mendapat kabar itu langsung bergegas lari pulang ke rumahnya.

Dengan dibantu tetangga, api kemudian dipadamkan menggunakan alat seadanya.

Selain upaya pemadaman, warga juga melapor ke Pemadam Kebakaran Pos Jaga Ciledug.

2

“Kita mendapat laporan dan langsung terjunkan dua unit mobil dari Pos Ciledug. Tapi di jalan ada kendala, akses jalan macet dari Pasar Ciledug sampai jalan pintu kereta api dan arah TKP,” kata Eno.

Setibanya di lokasi kejadian, api sudah membesar di bagian dapur rumah. Petugas pun langsung melakukan pemadaman ke bagian yang dekat dengan bangunan lainnya agar api tidak menjalar.

Beruntung, upaya itu berhasil. Sehingga api dapat dipadamkan sekitar 40 menit kemudian.

“Tidak ada korban dalam kejadian. Adapun penyebab pasti belum diketahui. Tapi kita menduga api berasal dari kayu pembakaran yang dekat kompor tungku. Yang terbakar ya panci, kabel listrik, perlengkapan dapur lainnya,” pungkas Eno. (cep)

Tags :
Kategori :

Terkait