Mewarisi Tradisi Leluhur, Polmak Keraton Kasepuhan Salat Jumat di Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Jumat 28-05-2021,14:18 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

CIREBON - Polmak Keraton Kasepuhan, Rahardjo Djali melaksanakan Salat Jumat di Masjid Sang Cipta Rasa, Jumat (28/5). Menurutnya, ini adalah bentuk mewarisi tradisi leluhur.

Polmak Kraton Kasepuhan tiba di Masjid Sang Cipta Rasa, sekira pukul 11.47 WIB. Mengenakan masker,  pemindaian suhu tubuh sebelum masuk ke dalam masjid.

Setibanya di masjid, Rahardjo terlebih dulu melaksanakan Salat Sunah Tahiyyatul Masjid di dalam Krapyak Kasepuhan.

\"Saya minta agar dalam kehidupan sehari-hari, dalam kehidupan bermuamalah, bahwa semua adalah saudara,” katanya, dalam rilis tertulis yang diterima radarcirebon.com, Jumat (28/5/2021).

Disampaikan dia, Ukhuwah Islamiyah harus dijaga, jangan saling menyalahkan, saling mencemooh,  menfitnah dan menjelekkan.

“Itu bukan budaya kita, tidak sesuai dengan nilai kesantunan dan kesopanan,\" ujar Rahardjo.

Rahardjo juga menekankan pentingnya menjaga ukhuwah wathoniyah (persaudaraan sesama warga bangsa).

2

\"Sebagai bangsa kita berbeda-beda, beda suku, bahasa, tetapi semua bersaudara. Ini harus kita jaga. Oleh sebab itu, ukhuwah wathoniyah, persaudaraan ini harus kita jaga sebaik-baiknya. Ini sudah kodrat Allah,” tuturnya.

Disampaikan dia, tidak ada bangsa lain selain Indonesia yang begitu beragam.

“Kita ini beragam. Sekali lagi saya titip jaga ukhuwah islamiyah kita, ukhuwah wathoniyah. Kita jaga dengan baik, semoga Allah selalu menjaga kita, bangsa kita,\" pungkasnya. (rdh/rls)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait