Tips Menjaga Kesehatan Gigi Untuk Cegah Gigi Berlubang

Selasa 15-06-2021,09:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

PERNAH mengalami sakit gigi atau bahkan gigi berlubang meski Anda rajin sikat gigi. Mengapa bisa demikian? Mungkin karena disebabkan cara menyikat gigi yang salah atau salah memilih pasta gigi.

Berikut tips menjaga kesehatan gigi untuk cegah gigi berlubang.

1. Sikat gigi sebelum makan

Kita sering mendengar jika kita harus menyikat gigi sehabis makan bukan? Tapi ternyata cara itu tidak selamanya benar.

Misal Anda makan makanan asam seperti makan buah, hal ini justru akan merusak gigi jika Anda langsung menyikat gigi. Menyikat gigi setelah makan makanan asam akan membuat enamel gigi menjadi rusak.

2. Bersihkan gusi

Membersihkan mulut tidak selalu berkaitan dengan menyikat gigi saja. Penting juga untuk membersihkan mulut antara gigi dan gusi untuk memastikan tidak ada makanan yang menempel disela-sela gigi.

2

Hal ini akan menumbuhkan “sarang bakteri” yang dapat menyebabkan sakit gusi, gigi berlubang, dan nafas bau.

3. Sikat gigi satu per satu

Menyikat gigi satu per satu mungkin terdengar menyulitkan, namun ini adalah cara satu-satunya cara untuk memastikan semua kotoran yang ada di gigi tersingkir.

Menyikat gigi secara terburu-buru justru tak akan membuat gigi bersih secara maksimal. Sikat gigi secara perlahan sesuai pola justru akan membuat seluruh kotoran pada gigi terangkat.

4. Jangan taruh sikat gigi di kamar mandi

Penting untuk diperhatikan dimana seharusnya Anda menyimpan sikat gigi. Sikat gigi yang disimpan di kamar mandi dapat membuat kuman menempel di sikat gigi Anda.

Sebaiknya simpan gigi Anda di tempat yang kering dan jauh tempat yang lembab.

5. Berkumur dengan obat kumur

Tags :
Kategori :

Terkait