Layanan Telemedicine, Pasien Covid-19 Bisa Dapat Obat Secara Gratis

Selasa 06-07-2021,17:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) mengumumukan bahwa mulai tanggal 6, Juli 2021 Layanan telemedicine sudah bisa diakses pasien covid 19 yang isolasi mandiri. Layanan Telemedicine ini bertujuan untuk memberikan layanan atau fasilitas kepada pasien covid -19 secara jarak jauh.

Melalui pelayanan ini rumah sakit dapat memberikan informasi dengan ketarangan yang akurat dari dokter mengenai gejala sedang ataupun berat. Tidak hanya itu dokter pun memberikan paket obat yang standar kefarmasian yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan.

Paket obat yang diberikan secara gratis bagi yang benar-benar tanpa gejala, sedangkan pasien dengan gejala, misalnya demam sedikit, akan diberikan juga paketnya secara gratis.

Tak hanya itu, platform telemedicine ini juga terintegrasi dengan laboratorium testing PCR. Berikut beberapa aplikasi telemedicine yang bisa diakses masyarakat:

YesDok

Aplikasi telemedicine yang juga disediakan oleh Kemenkes adalah YesDok, yakni platform yang menghubungkan pasien dengan dokter untuk konsultasi medis. Selain itu, dokter juga akan merekomendasikan obat yang sesuai dengan gejala dan memberikan petunjuk penggunaan medis.

GetWell

2

Aplikasi besutan BayWest Wellness Inc ini menyediakan layanan konsultasi dokter yang bisa menghubungkan pasien dengan dokter profesional melalui konsultasi video, audio, atau teks. Tersedia di Android dan iOS, melalui platform ini nantinya pasien bisa berkonsultasi dan mendapat obat secara gratis.

ProSehat

Memberikan fasilitas konsultasi dokter selama 24 jam, aplikasi telemedicine ini juga menyediakan layanan rapid test, imunisasi, vaksinasi, serta pembelian alat kesehatan, obat, dan vitamin ke rumah masing-masing pasien.

Halodoc

Halodoc merupakan aplikasi layanan kesehatan yang memiliki berbagai fitur untuk para pasiennya, mulai dari chat dengan dokter, membeli produk kesehatan, hingga bisa terhubung dengan asuransi yang dimiliki. Melalui aplikasi ini, pasien COVID-19 bergejala ringan di rumah bisa konsultasi dan mendapatkan obat-obatan tanpa mengeluarkan biaya apapun.

KlikDokter

Beroperasi selama 24 jam, aplikasi besutan Medika Komunika Teknologi ini memberikan layanan live chat dengan dokter. Di aplikasi ini, pasien juga bisa membaca berbagai artikel kesehatan dan informasi pelayanan medis lainnya.

KlinikGo

Tags :
Kategori :

Terkait