Lindungi Nakes, akan Diberi Vaksin Ketiga

Minggu 11-07-2021,15:00 WIB
Reporter : Leni Indarti Hasyim
Editor : Leni Indarti Hasyim

TENAGA kesehatan (nakes) merupakan garda terdepan dalam perang melawan Covid-19. Risiko tertular pun semakin tinggi. Bahkan tidak sedikit yang menjadi korban. Karena itu, para nakes akan diberi vaksinasi dosis ketiga. Tujuannya supaya makin kuat.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan vaksin Covid-19 dosis ketiga untuk nakes ini telah disetujui. “Vaksinasi kita masih belum mencakupi seluruh target vaksiansi maka penting untuk kita pahami vaksinasi ketiga ini hanya diberikan kepada nakes,” tandas Menkes Budi dalam konferensi pers secara virtual, Jumat (9/7).

Menkes Budi menambahkan, tenaga kesehatan saat ini diprioritaskan menerima vaksin Covid-19 karena menjadi kelompok yang paling berisiko terpapar virus corona. Selain itu, ia menuturkan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan ITAGI sudah merekomendasikan jenis vaksin untuk dosis ketiga ini menggunakan vaksin Moderna. “Sehingga dengan demikian bisa memberikan kekebalan maksimal terhadap variasi-variasi mutasi vrirus yang ada,” ujarnya.

Senada disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. “Arahan Presiden vaksinasi ketiga, booster untuk tenaga kesehatan. Ini akan segera diatur oleh Menteri Kesehatan,” ujar Airlangga Hartarto.

Dia menjelaskan, nakes bakal mendapat suntikan vaksin Covid-19 untuk ketiga kalinya. Sebab, mereka berada di garda depan dalam menangani pandemi. “Diharapkan booster ini bisa diberikan kepada 1,47 juta tenaga kesehatan,” imbuh Airlangga.

Rencananya, program vaksinasi ke-3 (booster) akan dilakukan pekan depan. Teknis pelaksanaan akan diatur oleh Kementerian Kesehatan. “Tentunya bisa diharapkan bisa meningkatkan imunitas daripada tenaga kesehatan yang ada di frontline,\" pungkasnya. (rh/fin)

Tags :
Kategori :

Terkait