Ciri-ciri Varian Delta, Hasil Tes PCR CT Value Rendah

Sabtu 17-07-2021,12:30 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

JAKARTA - Covid 19 varian delta, disebut memiliki ciri ciri khas antara lain cycle treshold (CT) value dari swab PCR yang lebih rendah. Diantaranya di bawah 20.

Hal itu, sempat diutarakan Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin. Menurutnya berdasarkan data penelitian di Inggris, varian Delta punya nilai CT lebih rendah ketimbang Alfa.

\"Ciri-cirinya CT-nya lebih rendah (ketimbang Alfa). Kemudian dia masa aktifnya itu lebih cepat, jadi sembuhnya lebih cepat, tapi meningkat keparahannya itu lebih cepat, sehingga intervensi perawatan di RS-nya berbeda,\" tuturnya dalam konferensi pers virtual, belum lama ini.

CT value merupakan indikator yang dapat menunjukkan banyaknya muatan virus dari sampel yang diambil dari hasil spesimen seorang pasien.

Apabila nilainya rendah, maka jumlah virus Covid-19 yang ada semakin banyak. Dan sebaliknya, jika nilai CT value cenderung tinggi, berarti jumlah virus di dalam tubuh sedikit.

Kemenkes juga bakal menggunakan hasil CT dari Swab PCR sebagai acuan untuk memprediksi daerah, yang kemungkinan besar sudah terjangkit oleh varian delta.

Dengan begitu, pemerintah pusat dan daerah menurutnya bakal sama-sama dapat memantau jumlah CT value warga.

2

Sehingga diharapkan dapat mengantisipasi segera potensi sebaran varian Delta itu dengan tracing yang optimal.

\"Sekarang setiap uji PCR itu, CT value harus dimasukkan ke sistem, kalau sekarang belum dimasukkan ke sistemnya Kemenkes. Ini agar kita bisa menggunakan untuk antisipasi dimana daerah-daerah yang berpotensi penyebaran Delta di sana,\" tukasnya.

Budi pun memaparkan mayoritas CT value warga di DKI Jakarta, Kudus, dan Bangkalan berada di bawah 20 persen.

Sementara di Sumatera Barat 63,6 persen warga CT value-nya di bawah 20 persen.

Lebih lanjut, Budi mengatakan bahwa dalam waktu dekat. Pemerintah akan berupaya menampilkan hasil CT value pasien dari pemeriksaan PCR swab ke dalam sistem terintegrasi Kemenkes yakni New All Record (NAR). (yud)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait