HUT Kota Cirebon, Walikota Sebar Bansos 1.000 Paket Sembako, Dibeli dari Toko Kelontong

Minggu 08-08-2021,13:15 WIB
Reporter : Yuda Sanjaya
Editor : Yuda Sanjaya

CIREBON - Jelang peringati Hari Jadi Cirebon ke 652 dan HUT Kemerdekaan RI ke 76, Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon membagikan bantuan sosial (banso) 1000 paket sembako.

Bantuan diberikan kepada warga terdampak pandemi Covid-19 dan PPKM Level 4.

Pembagian 1000 paket sembako yang terdiri dari beras 5 kg, mi instan 4 buah, susu satu kaleng dan minyak satu liter tersebut berlangsung di lobby gedung Setda Balai Kota Cirebon, Minggu (8/8).

Menariknya, pengadaan bantuan tersebut dibeli dari toko kelontong kecil. Bukan dari toko besar ataupun distributor. Dengan harapan, dapat turut menggerakan ekonomi di tingkat mikro.

Sebanyak 15 warga dari 5 kecamatan secara simbolis menerima paket sembako langsung dari Wali Kota Cirebon. Sedangkan paket lainnya akan dikirimkan langsung ke rumah warga penerima.

\"Memperingati Hari Jadi Cirebon ke 652 dan HUT Kemerdekaan RI ke 76 di masa pandemi Covid-19 diorientasikan untuk memberikan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat. Kegiatan yang bersifat pesta dan suka ria kami tiadakan. Kami lebih banyak konsentrasi untuk memberi kepada masyarakat,” ungkap Wali Kota Cirebon Nashrudin Azis kepada radarcirebon.com.

Dijelaskan Azis, Pemkot Cirebon bersama dengan instansi terkait lainnya akan terus berupaya membantu masyarakat yang terdampak Covid-19.

2

Bahkan bantuan tersebut tidak hanya dilakukan oleh Pemda Kota Cirebon namun juga instansi pemerintah lainnya, perbankan dan stakeholder terkait lainnya.

\"Momentum Hari Jadi Cirebon ke 652 dan HUT Kemerdekaan RI ke 76 dapat memotivasi semangat rela berkorban. Terutama karena hingga kini pandemi Covid-19 belum berakhir. Berkorban tersebut tidak hanya dari segi materi, namun dengan tetap berdiam diri di rumah pun merupakan suatu bentuk pengorbanan dari masyarakat. Sehingga bisa menekan penyebaran Covid-19 khususnya di Kota Cirebon,\" jelasnya.

Wali Kota berpesan kepada camat yang ada di Kota Cirebon, di masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir, para camat diminta untuk dapat merangkul semua kekuatan yang ada di tingkat kecamatan untuk bersama-sama melawan Covid-19.

“Minimal dengan menjalankan prokes 3M dengan ketat. Para camat juga diminta untuk dapat menggugah kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksin Covid-19. Sehingga mereka bersedia untuk divaksin dan segera terbentuk kekebalan komunitas (herd community) di Kota Cirebon. Lakukan juga testing sebanyak-banyaknya. Dari hasil testing ini bisa didapatkan warga mana yang perlu melakukan isolasi di sejumlah tempat isolaasi mandiri terpusat yang dimiliki Pemda Kota Cirebon serta warga mana yang bergejala dan harus menjalani perawatan di rumah sakit,\"ujarnya.

Menurut Azis, Pemda Kota Cirebon senantiasa berupaya menjaga agar masyarakat tidak terpapar Covid-19.

\"Peran serta masyarakat untuk bersama-sama memerangi dan melawan Covid-19 harus terus dijaga,\" pungkasnya. (rdh)

Baca juga:

Tags :
Kategori :

Terkait