Mengenang Jasa Soedarsono, Pembaca Teks Proklamasi dari Cirebon

Minggu 15-08-2021,21:00 WIB
Reporter : Tatang
Editor : Tatang

CIREBON - Puluhan masyarakat Kota Cirebon dari berbagai elemen, OKP, dan ormas menggelar upacara mengenang perjuangan Soedarsono dalam membacakan naskah proklamasi di Kota Cirebon sebelum Soekarno dan Moehamad Hatta memproklamirkan secara resmi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 di Jakarta.

Meski masih dalam penerapan PPKM Level 4, upacara tersebut tetap berlangsung di depan tugu Proklamasi Kejaksan, Kota Cirebon, Minggu sore (15/8). Namun pada tahun ini peserta upacaranya terbatas hanya dihadiri perwakilan masing-masing elemen masyarakat.

Hadir dalam upacara tersebut dua sesepuh veteran Republik Indonesia yakni Ketua LVRI Kota Cirebon Didi Supardi dan veteran tertua Soehodo.

Ketua pelaksana upacara Dani Djaelani megatakan, upacara tersebut bertujuan untuk mengenang para pahlawan proklamasi.

“Tugu Proklamasi di Kota Cirebon merupakan bukti sejarah bahwa pejuang kemerdekaan asal Cirebon dr Soedarsono membacakan teks proklamasi pada 15 Agustus 1945 di Tugu Proklamasi perempatan Kejaksan, Kota Cirebon,” katanya didampingi Panglima Tinggi Laskar Agung Macan Ali Cirebon, Prabu Diaz, kepada radarcirebon.com.

Masih kata Ketua GM FKPPI Kota Cirebon ini, upacara mengenang sejarah Tugu Proklamasi sejatinya untuk menggugah rasa nasionalisme para pemuda di Kota Cirebon.

\"Pada tanggal 15 Agustus 1945 merupakan momen bersejarah bagi masyarakat Kota Cirebon. Pejuang kemerdekaan asal Cirebon yakni dr Soedarsono membacakan teks proklamasi pada 15 Agustus 1945 di Tugu Proklamasi perempatan Kejaksan, Kota Cirebon. Pembacaan naskah proklamasi itu diabadikan dengan didirikannya Tugu Proklamasi Kota Cirebon yang terletak di perempatan lampu merah Jl Siliwangi, Kota Cirebon,\" ujarnya.

2

Usai upacara, seluruh peserta melakukan aksi pembagian bendera merah putih berukuran kecil dan bagi-bagi masker kepada pengendara di lampu merah perempatan Kejaksan. (rdh)

Tags :
Kategori :

Terkait